Saturday, August 1, 2015

Visa New Zealand

Untuk dapetin visa new zealand sebenernya sama aja sih sama proses pengajuan visa ke negara lain. Intinya: syaratnya semua dipenuhin dan apply MINIMAL 1 bulan sebelum keberangkatan.

Proses pengajuannya bisa via online atau non-online. Saya sarankan ngajuinnya visanya via online aja, karena menurut opini orang2 bisa lebih cepet selesainya dan yang terpenting: bisa di cek di internet statusnya udah sampe mana. Klo non online bisa via perwakilan kedutaan NZ di negara masing-masing. Ga enaknya ya harap2 cemas nunggu visa. Huhuhuhuhu. Saya dulu ngajuin Visa New Zealand via non online dengan mendatangi kantor kedutaan NZ di 55 Hunter Street, Sydney. Kenapa jauh banget mesti di Sydney? Karena saya lagi berdomisili di Sydney untuk sementara ini. hehehe.

Terus prosesnya gimana?
1. Download form visa di website imigrasi NZ
2. Isi form yang lengkap..kap..kap
3. Penuhi semua persyaratan yang dimaksud. Nah ini penting banget nih, biar visanya cepet di  approve.  Saya waktu itu ngajuin visa holiday, jadi persyaratannya sebagai berikut:
  • Form yang sudah diisi beserta foto latar belakang putih, 4x6
  • Passport
  • Print out aktivitas rekening bank 3 bulan terakhir, minimal saldo adalah NZD 1000 (atau sekitar 9 juta)
  • Tiket booking hotel
  • Tiket pesawat PP. Penting banget untuk punya tiket PP, karena denger pengalaman dari room mate, dia belom beli tiket pulang (atau tiket keluar dari New Zealand) karena emang niatnya mau ngebolang sampe puas dan pulangnya masih belom tau kapan. Eh pas check in di Bandara, dia ga boleh masuk. Mana udah hampir boarding, jadi dia buru2 beli tiket pulang saat itu juga.
  • Itinerary perjalanan
  • Invitation letter dari temen yang tinggal di New Zealand. Ini saya kategorikan sebagai surat sakti, jadi klo ada temen, lebih bagus klo ada sodara di New Zealand, minta mereka untuk ngasi surat ini. contoh suratnya bisa dilihat disini.
  • Bayar biaya visa  155 AUD + biaya admin 30 AUD (australian dollar/AUD) = 185 AUD (sekitar Rp. 1.850.000)

Setelah submit, visa akan diproses selama 14 hari kerja. Nanti klo keterima, visa akan di kirim via email. Sering2 cek SPAM di email yaaa,  karena pengalaman saya: sebenernya visa sudah di approve 1 minggu setelah di submit, dan ternyata masuk SPAM. Saya pun kebetulan ga ngecek, padahal biasanya rajin banget ngecek. Udah senewen aja menjelang keberangkatan kok belom dikabarin. Eh ternyata emailnya mereka ada di SPAM. Tarakdungces.

Karena visa Australia saya expired 1 bulan lagi, makanya saya cuma dapet Visa New Zealand selama 1 bulan sajah. Huhuhu. Di visanya juga dibilangin klo saya ga boleh kerja dan harus balik sebelum visa habis. Normalnya sih bisa dapet visitor visa selama 18 bulan, dan cuma boleh berturut2 stay di NZ selama 9 bulan dalam periode 18 bulan tersebut.

Semoga berhasil yaaaaaa :)

PS: sebelum isi form, baca juga dokumen2 pendukung yang ada di website yaa
- Visitor Visa Guide
- Visitor on Limited Visa

No comments:

Post a Comment