Sunday, August 2, 2015

All about New Zealand

Haloooooo, setelah lama ga posting, akhirnya saya datang membawa kabar gembiraaa! Alhamdulillah impian saya untuk dateng ke New Zealand terwujud :)
Saking girangnya sampe postingan New Zealand ngelangkahin postingan trip Tasmania dan Melbourne yang sampe sekarang belom selesai ditulis. Mwuahahaha. Di edisi #tripnewzealand ini saya akan share soal Visa New Zealand, Auckland, Hobbiton Movie Set Tour, Queenstown, Penginapan di Queenstown, Skyline Gondola and Luge, Lake Wanaka, Lake Cruise, Milford Sound.

Sebelum ngeklik link-link diatas, saya mau cerita gambaran besar New Zealand seperti apa, jadi biar ada bayangan. 


Mata uang:
Mata uang New Zealand (NZD) lebih rendah dari pada mata uang Australia (AUD), bedanya kurang lebih 1,2 Dollar. Yaa lumayan lah ya. hehehe. Oia sebelum datang ke NZ, temen saya Iim yang tinggal disana bilang: “klo belom punya dollar New Zealand, lebih baik ke NZ bawa dollar Australia, jangan bawa USD karena nilai dollar Australia lebih tinggi daripada USD”. Yaa emang kebetulan gw ga punya USD akhirnya bawa AUD aja ke NZ. Tapi klo udah punya dollar NZD sih gpp, malah lebih enak. 

North Island vs South Island?
Klo ini tergantung preference dan tergantung kondisi dompet sih :p. Klo ditanya bagusan mana? Dua2nya bagus, di NZ ga ada yang ga bagus pokoknya :D, tapi menurut saya South Island lebih dramatis bagusnya. Karena letaknya udah deket2 sama kutub selatan,  jadi lebih dingin dan bisa liat salju di puncak gunung. Syuting LOTR juga kebanyakan ngambil lokasi di South Island, jadi buat yang fans berat LOTR bisa napak tilas ke TKP.

Destinasi favorit di North Island: Auckland, Hobbiton Movie Set Tour di Mata-Mata, Rotorua, dan Wellington. Yang saya datengin cuma Hobbiton Movie Set Tour, karena memang jadwal saya di Auckland Cuma 3 hari 2 malam. Ga cukup waktunya, sedangkan Rotorua itu tipenya full day tour alias seharian penuh. Hmm ternyata liburan saya kurang panjang ya? huhuhu. Dompetnya sih yang kurang tebel :p



Destinasi favorit South Island: BANYAAAAAKKKK. Hahahahaha. Queenstown, Mount Cook (harus nginep),  Christchurch (harus nginep), Milford Sound (full day tour), Lake Wanaka (full day tour), dll. Yang saya datengin cuma Queenstown, Milford Sound, Lake Wanaka.



Transportasi
Klo mau jelajahin beberapa Kota di New Zealand bisa pake mobil, pesawat dan bis. Pesawat jelas lebih cepet dan nyaman. Klo masih dalam satu pulau (misalnya di North Island), bisa sewa mobil atau bisa pake bis intercity. Bis intercity ini bisa dibilang bis AKAP kali ya, karena khusus untuk perjalanan jauh jadi kursinya nyaman untuk tidur. Selain melayani perjalanan one way dan return antara state, ada juga paket backpackernya, bisa diliat disini.

Source: intercity bus's website

Antara sewa bis dan mobil relatif sama harganya, karna naik mobil bisa jadi lebih mahal klo harus pake nginep2 di hostel di beberapa kota. Menurut saya, klo mau lintas dari North Island ke South Island lebih baik naik pesawat, misalnya dari Auckland-Christchurch, atau Wellington-Queenstown. Karena biar ga buang-buang waktu. Kecuali klo memang punya waktu banyak di New Zealand (sekitar 2-3 minggu), naik mobil lebih seru karena bisa datengin banyak tempat.

Sim Card
Sama kaya Australia, NZ juga pelit wifi. Indonesia emang juara deh klo soal wifi gratisan. Selama di New Zealand saya pake provider Skinny, total untuk beli kartunya $4 dan isi paket data 500Mb = $20. Selain di hostel, sarana wifi gratis bisa didapet di bis intercity.  

Makanan
Udah sampe di New Zealand harus banget dong nyoba Steak dan Lamb, meski di indo juga dijual daging sapi dan domba dari NZ. Hahahaha. Tapi kan yang Original (langsung pada sumbernya) lebih mantep surantep daripada import punya :p. Untuk makanan halal, jarang banget ditemuin di NZ. Saya juga kadang perlu memastikan apakah di restoran itu juga menghidangkan pork, biasanya saya nanya apakah pas gorengnya disamain panggangannya atau ngga. Awal2nya sih nanya, tapi lama2 males juga dan memilih untuk masak indomie goreng atau mie korea. Klo bosen palingan pilihannya itu ke resto India atau vegetarian food.

Itu kira2 sedikit informasi tentang New Zealand, semoga ngasi bayangan tentang NZ sebelum pergi ngetrip kesini. 

No comments:

Post a Comment