Wednesday, November 13, 2013

Balada Passport Hilang

JENG JRENGGGG. Gw rada bermasalah sebenernya sama daya ingat dan teramat sangat berprestasi dalam hal keteledoran. Kali ini passport pun ngilang entah kemana. Ya udah lah, toh masa berlakunya udah mau abis tahun 2014, jadinya tetep ujung2nya harus ke imigrasi dan ngurus ini itu. Ini pertama kalinya sih ngalamin kaya gini jadi pengen di share ke temen2 proses pengurusan passport hilang di imigrasi. Mudah2an sih ga perlu ngalamin kejadian yang sama yaa.. *getok2 meja*

So apa step2 yang harus dilakukan??? I’m warning you, prosesnya agak ribet jaya..

Step 1: Surat Keterangan Hilang dari Kepolisian
Segera setelah passport hilang, hal pertama yang perlu dilakukan adalah: minta surat keterangan hilang dari polisi. Waktu itu gw ngurusnya di Polsek Setiabudi, Jakarta Selatan. Ngurus surat keterangan hilang itu mudah kok, dan ga sesulit yang kita kira. Cukup dateng, bawa KTP dan fotokopi halaman passport (klo dulu sebelom ilang sempet fotokopi/scan) dan siapin uang Rp. 20.000. Nanti bakal dicatet data diri kita dan ditanya kronologisnya sama Pak Polisi kenapa bisa sampe hilang tuh passport. Setelah selesai, selipin lah duid 20rb pas salaman. Hehehe. 

Step 2: Urus passport baru ke Imigrasi
Proses selanjutnya adalah ke Imigrasi. Saya memilih untuk ngurus di Imigrasi Jakarta Selatan di Jl. Mampang, errrr alasannya soalnya lumayan deket sama kantor.

Dokumen yang HARUS dibawa:
  1. Kartu Keluarga (asli dan fotokopi).
  2. Ijazah pendidikan terakhir (asli dan fotokopi).
  3. Akte Kelahiran (asli dan fotokopi).
  4. Surat sponsor dari kantor yang menyatakan bahwa kita adalah karyawan kantor tersebut.
  5. Surat Keterangan Hilang dari Kepolisian.
  6. Surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang (bagi yang telah mengganti nama).
Imigrasi Jaksel emang paling terkenal rame BANGET, jadi klo bisa sebaiknya jam 06.00 TENG udah sampe sana, karna selain biar bisa dapet parkir (space parkirnya seuprit), tapi juga biar bisa ngantri di depan mesin nomor antrian. Si mesin nomor antrian baru nyala jam 07.00, tapi orang2 udah pada ngantri di depan mesin ini dari jam 06.00.

Setelah mesin  nyala, baru deh dipandu sama petugasnya untuk dikasi nomor antrian dan dikasi map yang isinya formulir. Sembari nunggu loket dibuka jam 08.00, gw mulai ngisi formulirnya. (YES JANGAN LUPA BAWA PULPEN). Nah ntar di formulirnya gw centrang pengurusan passport hilang.

Abis itu nunggu dipanggil di loket untuk di periksa dokumen2 asli kita dan kemudian kita dirujuk untuk ketemu sama WASDAKIM di lantai 3 untuk bikin BAP.

Step 3: ketemu WASDAKIM
Pada proses ini gw diwawancara sama Pak Agus dari seksi WASDAKIM, ditanya2 soal data diri dan kronologis kenapa paspornya bisa ilang untuk di bikin BAP. Nanti BAPnya di print dan kita disuruh ngecek lagi, apakah ada salah2 ketik atau sesuai ga penulisannya sama apa yang kita laporkan. Setelah semuanya rebes, surat BAP akan ditandatangan dulu sama Kepala Kantor Imigrasi untuk dibikin rujukan ke Kantor Wilayah (Kanwil). Kenapa mesti ke Kanwil? Karena paspor gw yang ilang ini masih berlaku. Klo semisal udah habis masa berlakunya ga perlu sampe ke Kanwil segala. 

Step 4: Ke Kanwil Depkumham
Setelah dapet tandatangan dari Kepala Imigrasi, gw langsung cabs ke Kanwil Depkumham di jalan MT. Haryono, untuk dapet surat persetujuan bahwa gw diijinkan untuk bikin paspor baru lagi. Alhamdulillah paspor gw ga ada penangguhan segala, karena gw pernah make paspor ini sebelumnya. Menurut aturannya, klo paspor ilang dan belom pernah dipake, bisa ditangguhkan maksimal 2 tahun. ENG ING ENG. Katanya sih untuk mencegah ada pemalsuan passport gitu. Oia, proses minta persetujuan kanwil ini sebaiknya dilakukan pagi2, jadi pas makan siang bisa langsung diambil. Klo datengnya abis makan siang, baru jadinya besok pagi. Eaaakk. Lagu lama birokrasi pemerintahan.

Step 5: Bayar Denda
Setelah dapet surat persetujuan dari Kanwil, proses selanjutnya adalah balik lagi WASDAKIM Imigrasi untuk ngasi surat dari Kanwil. Dari sini udah bisa agak lega karena proses bolak balik antar jemput surat udah selesai. Proses selanjutnya adalah bayar denda. Ihiks. Klo normalnya bikin pasport baru/perpanjang paspor itu  cuma perlu 255rb. Klo pasport ilang atau rusak bayarnya jadi 455rb!! Ihiks.Bayarnya harus ke BNI dan harus langsung dateng ke Bank-nya, ga bisa transfer. Untungnya ada Bank BNI deket Imigrasi, tinggal nyebrang dan jalan kira2 300 meter.

Step 6:  Foto, Wawancara dan Sidik Jari
Besokannya kudu dateng pagi untuk foto, Wawancara dan Sidik Jari. Prosesnya sama kaya pas pertama kali dateng, ambil nomor antrian dan nunggu dipanggil. Gw dateng jam 06.30 dapet antrian nomor 22, Eee busyeeeet. Prosesnya kira-kira 2 jam lah, dari nunggu loket buka sampe selesai prosesnya. Oia pas wawancara ga ditanya macem2 kok, malah gw bantuin petugasnya yang kesulitan copy paste kode2. Hahahaha. Lagi masa transisi dari mesin ketik ke komputer kayanya.

Step 7: Ambil Paspor
Untuk pengambilan paspor ga perlu pake nomor antrian, tapi cukup dateng bawa bukti pembayaran dan letakkan di kotak yang disediakan di loket pengambilan passport. Tunggu namanya dipanggil dan viola passport baru udah jadi. Untuk pelayanan passport, loket dibuka jam 09.00-16.00, tapi sama kaya sebelumnya, sebaiknya dateng dari jam 08.00 biar bisa naro bukti pembayarannya paling awal.

Tips:
  1. Bawa dokumen yang menjadi persyaratan baik asli maupun fotokopi. Ada yang ga lengkap 1 biji aja, disuruh dateng besok lagi.
  2. Dateng pagi, asli deh, telat dikit dapet nomor antriannya udah berpuluh2.
  3. Bawa pulpen.
  4. Siapin cuti/ijin stgh hari maksimal 3 hari untuk ngurus prosesnya seharian.
  5. JANGAN SAMPE PASPORTNYA ILANG YAA..RIBET NGURUSNYAA!! :p

PS: postingan ini didekasikan untuk Aqanta S. Sutarjo yang udah direpotin nganter kesana sini.

52 comments:

  1. kayaknya ada kisah yang hilang deh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yep, kisah "dikerjain"nya ga dimasukin..lagi mikir2 mau dimasukin apa ngga. :p

      Delete
  2. hilangnya knp? di wasdakim ditanyain apa aja detilnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hilangnya di kereta, tasku ketinggalan trus ga ketemu. di Wasdakim ditanya:
      1. kronologis kenapa bisa hilang
      2. Nomor passport (yg lama) berapa?
      3. Terakhir pake passport kemana?
      4. Nanti passport yang baru mau dipake buat apa? (jalan2, sekolah, business trip)
      5. Wasdakim-nya minta data diri (nomor hp, nomor ktp, tempat/tanggal lahir, pendidikan terakhir)

      Delete
  3. aku galau nih, paspor ilang di bandara cengkareng. paspor aku masukin saku jaket trus naik damri, eh sampe rumah paspor udah ga ada, ga tau jatoh dimana.

    aku bingung nih , nanti di wasdakim harus jawab apa? apa harus diceritakan sebenarnya? takut nih , ini murni kesalahan saya, tidak memasukkan paspor ke tas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung ke Polsek setempat, minta surat kehilangan lalu cerita hal yang sebenernya terjadi. Gpp kok, saya juga gitu, tas saya ketinggalan di KRL. dan pas dicari udah ga ada.

      Nanti pas di Wasdakim juga gitu, cerita saja kejadian yang sebenernya sesuai sama BAP surat kehilangan. Sebaiknya cepat diurus, biar pasportnya ga disalahgunakan sama orang lain.

      Delete
  4. interograsi BAP di wadsakim berapa lama?

    ReplyDelete
  5. makasih mbak, finally i've got my new passport.
    jaga baik2 krn paspor adalah dokumen negara.

    ReplyDelete
  6. mampir ke blok saya yg jelek mbak :)
    indowanderer.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. Slm knal mba, saya mau tanya sy lg mngalami masalah passpor hilang kbetulan kntr sy jg d daerah jaksel, klo urusan semuanya dr awal total butuhin wktu brp lama ya mbak?sampe sebulanan gak ya?krn sy lg btuh cepet untuk urusan kantor..klo bs blh mnt emailnya ga mba..sy mau tny kl boleh.. btw mhn sarannya mba thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga :) kira2 totalnya 1-2 minggu. lebih baik diurus dari sekarang, dan klo bisa jangan diurus di Imigrasi Warung Buncit, karena rame banget. Email ku ratri.septiana(at)gmail.com

      Delete
  8. salam kenal mbak ratri, makasih buat infonya. saya kehilangan passport entah dmana, sekarang sudah dapat surat untuk BAP di tanggal 16 mbak, dr proses BAP ke Kanwil sampai passport jadi nanti, apakah bisa selesai sebelum tgl 23 ini mbak, saya ada flight di tanggal 23, nyeselllll banget mbak sudah hilangin dokumen negara,
    tolong bantuan sarannya mbak. terimakasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi salam kenal juga,

      bisa sih asal pengurusan ga ditunda2 sm kamu. abis dapet BAP langsung hari itu juga dateng ke Kanwilnya pagi, siangnya bisa langsung jadi (tungguin aja disana), abis itu langsung ke Imigrasi lagi hari itu juga untuk ngasi ke Wasdakim.

      Semoga bisa jadi sebelum tanggal 23 ya. :)

      Delete
    2. Maaf ka mau tanya pergi ke kanwil nya itu langsung minta surat permohonan penggantian passport baru yang hilang atau bawa berkas2 lagi?

      Delete
  9. Duh, saya juga lagi mengalami nasib yang sama tapi bedanya passport saya hilangnya sudah lama sekali dan bakal habis masa berlakunya besok maret..

    Saya mau tanya sekiranya mending saya mengurus ketika habis masa berlakunya (biar tidak kena denda) atau saya lebih baik segera mengurus sekarang ya?

    Kalau mengurus sekarang kira kira alasan kronologis kehilangan yang masih masuk akal apa ya? Karena jujur saja passport saya terselip dan itu sudah lama jadi kemungkinan terbuang hehe saya juga takut terkena penangguhan karena baca baca minimal 6 bulan..

    Mohon sarannya ya mbak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal :)

      Alasan kenapa saya ngurus passport hilang karena masa berlakunya masih lama, dan klo ditemukan orang yang punya niat jahat takut disalahgunakan aja.

      Klo kasus kamu sih mending sih nunggu sampe masa berlakunya habis (yang tinggal 1 bulan lagi), trus bikin passport baru deh.

      Delete
  10. walau pun udah hbs masa aktifnya tapi tetap aja ditolak kalau mau buat baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Riza,

      Oh gitu ya? baru tau. Aku dari awal ngelapornya ilang soalnya, baru tau klo walaupun habis masa berlakunya tetep ditolak. Thanks infonya :)

      Delete
  11. Hai slm kenalya.. Paspor ku juga hilang uda habis masa aktifnya juni 2015..hiksss.. Kalo ktp tangerang selatan bisa buat di imigrasi jakarta selatan ga ya ? Thanks ya sblmnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! salam kenal juga :)

      bisa, aku pake KTP Tangsel juga kok. Cuma aku saranin jangan di Imigrasi Jakarta Selatan karna PENUH BANGET. Mendingan bikin di Depok yang agak sepi.

      Delete
  12. Kalo batas waktu surat kehilangan dari kepolisian berlaku berapa lama ya? Tau ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo

      Maaf aku kurang tau informasi soal itu. Klo kasusku, abis dapet surat kehilangan, minggu depannya aku urus passport ke Imigrasi.

      Delete
    2. Oke sis thank u ya informasinya.. God bless :)

      Delete
    3. you're welcome. God bless you too. Semoga urusannya lancar yaa :)

      Delete
  13. Klo aq ilangnya d rumah.. Pas butuh mau pergi d cari2 paspornya gada.. Nanyi hari senin mau bwt BAP masa berlaku sih udah abis.. Aq takut d tangguhkan karna kelalaian.. Soalnya ilangnya d rumah..

    ReplyDelete
  14. Klo aq ilangnya d rumah.. Pas butuh mau pergi d cari2 paspornya gada.. Nanyi hari senin mau bwt BAP masa berlaku sih udah abis.. Aq takut d tangguhkan karna kelalaian.. Soalnya ilangnya d rumah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Imelda, ini maksudnya masa berlaku Pasportnya sudah habis ya? Menurutku ga papa pake alasan itu, karena memang begitu adanya. Soalnya klo bikin baru, pihak imigrasi kan pasti punya data passport lama. Nanti pasti akan ditanya, jadi lebih baik segera diurus untuk pembuatan passport pengganti dari sekarang. Klo ditunda, nanti akan repot ngurusnya klo pas lagi butuh.

      Delete
  15. Nmpang share ya sis..berawal dari blog ini jadi aku punya pegangan buat paspoe ku yg uda hilang..

    Selasa tgl 15 maret 2016 aku ke kantor imigrasi buncit jam 5.30.. Sayangnya aku ga bisa buat paspor langsung harus nunggu BAP buka jam 8 pagi.. Karena paspor ku pernah hilang & uda abis masa berlaku tahun 2015..
    Aku nunggu BAP buka jam 8 lalu ksh semua data2,cuma 15 menit.. Ditanya knp bisa hilang.. Nanti ada suat hasil laporan kita ttd.. abis itu 3 hari kemudian ambil hasil BAP jumat..
    Krn jumat aku ga bsa cuti,aku ambil senin deh hasil bap nya..

    Senin tgl 21/03/2016 aku dtg jam 5.30 aku antri duduk buat nanti jam 7.30 baru buka kantor nya ambil nomor sekalian form ..pas jam 7.30 kita kelantai 2 ,diarahin antri Dpt nomor 24..
    Sembari nunggu jam 8 ambil hasil BAP ambil hasil BAP cuma 5-10 menit,trus aku langsung nunggu nomor panggilan buat paspor..
    Untung uda ambil nomor antrian buat paspor baru.. Soalnya jam 8.30 mau ambil nomor antrian aja uda kedapatan 100 an.. Jam 10 selesai diwawancara & foto .. Bisa pulang.. 3 hari kemudian bisa ambil paspornya.. Ternyata ga sesulit yg aku bayangkan.. Uda deg2an duluan.. Makasih ya sis berkat blog ini aku jdi ga ragu buat bikin paspor lagi.. Uda ada pegangan data2.. Trims.. Senangnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Yuli,

      wahh seneng deh akhirnya passport baru-nya udah jadi. Iya ga sulit, meski harus melalui tahapan yang agak panjang. Senang bisa ikut membantu :)

      Delete
  16. hy, , aku juga nih kehilangan passport udah dr 2013, jd masih berlaku. kronologinya aku ikut PT ke luar negri, terus bikin pasport bareng" rombongan, lah setelah selesai ternyata PT trsebut batal berangkat sementara saya sama sekali tidak tahu passport itu ada dimana karena yg mengambil perwakilan mandor, sedangkan saya tidak kenal mandor itu dan sekarang entah dimana orangnya, gimana ya apa bakal dpt tangguhan soalnya saya belum pernah pakai sama sekali setelah membuat? mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Hari,

      Hari yakin passportnya bener2 udah jadi? pernah lihat passport secara langsung? Soalnya takutnya passport belom pernah dibikin. Klo kasus begini mending bikin baru. Kecuali klo Hari pernah pegang/lihat passport secara langsung lalu kemudian ditahan pihak mandor, brarti lapor sebagai passport hilang.

      Salam,
      Ratri

      Delete
  17. yakin sudah pernah jadi, kemarin ngurus ke kantor imigrasi tapi sana tidak menjamin bisa jadi paspornya, dan juga prosesnya lama. sedangkan saya butuh paspor itu tgl 10 mei besok. aku pusing bgt , skrg tanggal merah, aku coba pindah ke kantor imigrasi lain, baru bisa di proses senin besok, , , padahal aku butuh bgt paspor itu untuk kerja ke jepang. saat membuat kemarin di kantor imigrasi yg pertama juga saya lampirkan berkas rekomendasi dari depnaker tapi tetap saja pihak imigrasi tidak mentolerir kesalahan kasus kehilangan paspor saya karena masih berlaku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Hari!

      aduh maap baru sekarang responnya. Trus gimana akhirnya?

      Delete
  18. Halo mba, pasport saya juga hilang nih. Apakah no pasport nya sama dengan yang lama atau beda yaa mbaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Obby!

      aduh maap balesnya lama. Nomornya beda sama yang lama. :)

      Delete
  19. terima kasih banyak atas artikelnya, sangat membantu, soalnya aku besok mau ngurus paspor hilang tapi sudah tidak berlaku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi!

      Terima kasih sudah baca blog aku :)
      Gimana prosesnya? lancar ga?

      Delete
  20. Mau tanya passport saya hilang dan saya masih mahasiswa dimana belum bekerja sehingga tidak mempunya surat sponsor perusahaan apakah akan menghambat atau ditolaknya pengajuan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Cindyana,

      Klo kasus pasport hilang, sebenernya "surat sakti"nya itu adalah Surat Keterangan Hilang dari Kepolisian, bukan sponsor perusahaan.

      Semoga membantu :)

      Delete
  21. Kalau Paspor hilang d indonesia,apakah buat Paspor Baru bisa menjamin kita lulus juga d airport Indonesia Dan luar negeri,nanti Bila cek sidik Hari d airport ketahuan pnh berangkat dgn Paspor lain kn..apakah ada Surat yg harus di tunjukkn k airport Imigrasi Indonesia atau luar negeri? Sbb Paspor hilang msh 4 tahun lg Masa aktifnya..Tolong infonya..Thanx u..

    ReplyDelete
  22. Mbak numpang tanya...paspor ku hilang.. Dan paspor itu aku pake jaman aku kuliah dulu.. Kurleb 20 thn lalu lah.. Krn malas urus akhirnya terkatung2.. Nahh sekarang pas mau butuh mau ga mau hrs buat.. Pertanyaan saya apakah saya tetap hrs mengurus nya di tempat dulu saya buat paspor (jaksel) ataukah saya bisa urus di tangerang (domisili tangerang).. Thx mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo!

      Maaf baru balas sekarang. Menurutku bikin pasport baru di Tangerang saja, sesuai domilisi. Kalau passport hilang 20 tahun yang lalu itu sudah kadaluarsa. Beda kasus klo hilang ketika passport masih berlaku. Semoga berhasil ya :)

      Delete
  23. hai mba,
    mau tanya nih

    paspor saya habis masa berlaku di 2012
    dan saya sama sekali ga punya potocopy maupun hasil scan paspor lama.
    jadi gimana dong mba ntar kalo d tanya masalah nomor paspor?

    ReplyDelete
    Replies
    1. #bantujawabYaaa sebelum saya urus paspor saya yg hilang,kebetulan saya baca kisah2 dsni. Dan cukup membantu untuk TDK panik (saat wawancara) Karena apapun alasan hilang adalah kelalaian kita juga.

      Until paspor hilang Dan TDK punya arsip Dan TDK tau nomer paspor. Bisa Cari tau via kantor imigrasi tempat kita buat diawal. Sebaiknya Cari waktu luang,Karena tidak sebentar until pengurusan paspor. Saya jg bgtu,TDK punya arsip tp tetap minta nomer paspor, minta fotokan pake camera HP,agar bisa dicetak. Semoga membantu :-)

      Delete
    2. Halo Mba Windi Utami,

      Ini kasusnya paspor hilang atau paspor habis masa berlaku? Klo paspor habis masa berlaku rasanya tidak perlu melampirkan nomor pasport yang lama. Karena sama saja Mba Windi bikin passport baru.

      Delete
    3. @Mba Ida Strawberry,

      Terima kasih sudah membantu menjawab :)

      Delete
  24. Maaf baru respon. Alhasil dulu di bantu sama biro, itu aja bisa.nya di kantor imigrasi kelas 1, alhamdulillah paspor jadi, dan sekarang sedang ada di jepang :)

    ReplyDelete
  25. Paspor saya hilang, mau ngurus sendiri ke imigrasi takut pas BAP di tolak dan di tangguh kan 6 bulan. Padahal saya sudah beli tiket buat bulan desember

    Menurut mba windi saya harus nya gimana ya

    ReplyDelete