Thursday, July 7, 2011

Visa Korea Selatan

Setelah trip ke Korea Selatan minggu lalu, banyak yang menanyakan ke Saya soal visa Korea. Karena Korea Selatan bukan termasuk kawasan Asia Tenggara (yang bebas visa) maka aturan yang berlaku adalah Saya harus mendapatkan visa sebelum datang ke Korea. Pengurusan visa sendiri harus dilakukan di Kedutaan Korea, resminya Kedutaan Korea terletak di jalan Gatot Subroto, namun karena ada renovasi gedung maka untuk sementara pindah ke The Plaza Office lantai 30, letaknya diantara Plaza Indonesia dan EX.

Sebelum mengajukan visa sebaiknya mempelajari dulu dari website kedutaan Korea, bisa dilihat di: visa korea
Prosedur pengajuan visa dengan kunjungan maksimal 30 hari adalah:
  1. Formulir permohonan visa (dilengkapi dengan pas photo 4x6, berwarna, background putih). Formulir bisa di download disini: form aplikasi visa
  2. Passport asli dan fotokopi passport (halaman depan dan belakang, lalu fotokopi juga stempel2/cap negara2 yang pernah dikunjungi)
  3. Fotokopi Kartu keluarga (sebaiknya bawa aslinya juga, just in case mereka minta liat aslinya)
  4. Surat keterangan kerja dan SIUP (Surat Izin Usaha Perorangan), jika tidak berkerja surat keterangan tersebut tidak diperlukan. ini penting banget!
  5. Fotokopi bukti keuangan, pilih salah satu
    • SPT (dikeluarkan oleh Directorate Jenderal Pajak)
    • PBB (dikeluarkan oleh Directorate Jenderal Pajak)
    • Laporan buku tabungan dalam 3 bulan terakhir
    • Tagihan kartu kredit dalam 3 bulan terakhir
    • Surat keterangan pemegang membership golf
    • Surat keterangan pemegang membership hotel bintang 5
    • Surat keterangan pemegang Jamsostek
    • Bukti tunjangan pensiun
  6. Membayar uang Visa sebesar Rp. 270.000,-

Lama pembuatan visa korea bisa lebih dari 3 hari jika diperlukan interview atau jika dokumen belum lengkap. Kemarin proses visa Saya 5 hari baru jadi. Waktu Penerimaan Aplikasi Visa : 09:00 -12:00 (Sebelum makan siang) dan Pengambilan Visa : 13:30 - 16:30 (Setelah makan siang). Bentuk Visa Korea berupa stiker yang ditempel di halaman Passport kita, seperti ini contohnya:



Tips dan Trik dapetin visa Korea:
Ada yang mudah mendapatkan visa tetapi ada juga yang ditolak. Nah berikut tips dari pengalaman Saya mendapatkan visa. 

Dokumen tambahan, meski tidak termasuk dalam syarat dokumen pengajuan visa tetapi bukti booking hotel dan tiket pesawat sangat penting, karena ini sebagai bukti bahwa kita benar2 turis (bukan TKI) yang pergi ke Korea untuk berlibur dan akan kembali ke Indonesia sesuai dengan tanggal yang tertera pada tiket pulang. Ada juga yang tidak kalah penting yaitu: itinerary selama di Korea. Itinerary ini mencakup jadwal acara perhari selama di Korea, bahkan kalau bisa sekalian informasi harga2nya. Dokumen yang sakti dan penting banget adalah surat rekomendasi dari kantor yang berisi bahwa kita adalah karyawan (sebutkan jabatan dan divisi) pada perusahaan (sebutkan nama perusahaan) tersebut, lalu pada kurun waktu tertentu (disebutkan tanggal pergi dan tanggal pulang) kita akan pergi ke Korea untuk urusan pribadi dan akan kembali sesuai dengan tanggal pulang, perlu diingat surat ini berbahasa Inggris dan ditandatangani oleh HRD. 

Saldo buku tabungan, jika memilih laporan buku tabungan dalam 3 bulan terakhir sebagai lampiran syarat bukti keuangan, maka saran Saya adalah angka saldonya jangan terlihat sedikit. Kalau bisa dari jauh2 hari menabung agar jumlah saldonya agak banyak. Hal ini sebagai bukti bahwa sebagai turis kita benar2 siap dalam hal dana selama di Korea. Sekali lagi, biar ga dituduh TKI. Banyak sekali traveler yang main akal2an disini, sengaja mentransfer uang dalam jumlah besar ke rekening, agar pas di print saldonya terlihat banyak. Perlu diingat bahwa petugas imigrasi tentu memperhatikan arus uang (keluar dan masuknya uang). Jadi sekedar menaruh uang banyak di satu rekening, tapi tidak ada aktivitas arus uang akan dicurigai. Usahakan rekening yang akan dilaporkan adalah rekening pay roll atau rekening gaji. Jadi terlihat kita benar2 karyawan di suatu perusahaan yang tiap bulannya menerima gaji. Sewaktu saya ke Korea tahun 2011, saldo rekening saya sekitar 9 juta rupiah. 

Well Prepare, sekali lagi penuhi syarat2nya, terutama bagian soal bukti laporan keuangan, sebaiknya meski mengandalkan buku tabungan 3 rekening terakhir, tapi ada baiknya membawa juga bukti lain seperti laporan SPT atau tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir. Karena, kalau bolak-balik kedutaan hanya untuk melengkapi dokumen yang kurang sangat buang2 waktu sekali.    

Datang tepat waktu, waktu Saya datang pukul 09.15 saya sudah mendapat nomor antrian 32, ternyata yg ingin membuat visa saat itu sedang ramai, apalagi saat itu sedang liburan sekolah. Perlu diingat bahwa selain indivual traveler, ada juga agen2 travel yang mengurus visa untuk klien-nya, bahkan 1 orang bisa mewakili 8-10 passport/dokumen orang lain. Padahal diperlukan waktu sekitar 5 menit untuk memeriksa kelengkapan dokumen 1 orang. Hal ini berlaku juga untuk pengambilan visa.

Semoga bermanfaat ya informasinya, dan selamat berlibur ke Korea!!! :)

9 comments:

  1. sangat bermanfaat, terimakasih pencerahannya :)

    ReplyDelete
  2. laporan buku tabungan selama 3 bulan terakhir itu maksudnya fotokopi buku tabungan gitu ya? atau minta laporannya ke bank bersangkutan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Formatnya seperti surat pernyataan resmi (pake kop surat) dari Bank bahwa kita adalah nasabah mereka, disertakan juga lampiran cashflow in and out rekening kita selama 3 bulan. Langsung ke bagian customer service bank-nya aja, mereka udah tau kok, bilang aja untuk keperluan pengajuan visa.

      Delete
  3. Mbak, Visa Korea ini pakai sesi wawancara tidak? Atau konfirmasi lewat telpon barangkali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo waktu aku apply, ga pake wawancara. Jadi apply hari Jumat, trus visa bisa diambil Jumat minggu depannya. Tanpa wawancara.

      Delete
  4. permisi mbak.. maw nanya..
    awalnya saya apply untuk pergi tgl 24 juli-6 agt 2013 issue date visa 12-6-2013 sampai 12-9-2013. lalu 3mgg sebelum keberangkatan maskapai memindahkan jadwal penerbangan menjadi tgl 22 juli.. otomatis wktu saya dikorea bertambah..
    jika ada maslah seperti ini bagaimana ya??
    apakah tidak akan ada mslah nantinya?? terima kasih bnyak.. mohon balasan secepatnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan visa korea berlakunya 3 bulan, jadi batas waktu kamu boleh tinggal di korea sampai bulan september. Ga masalah kok, asal bawa dokumen untuk bukti aja (tiket yg lama, plus print email pemberitahuan soal perubahan jadwal)

      Delete
  5. Salam kenal mbak! Sebelumnya makasih banyak info bermanfaatnya ;)
    Pengen nanya, visa tourism ke Korea apakah selalu dikasih rentang 3 bulan (terlihat di foto) ? Karena kalau ke negara eropa biasanya di pas-pas-in sama durasi perjalanan kita. Nah, kalau selalu 3 bulan, ketika udah dapet visa terus mau ubah tanggal tiket pesawat berarti gak masalah dong ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi!

      Salam kenal juga :) setau saya sih emang rata2 dikasinya 3 bulan, ga lebih dan ga kurang. Kecuali emang niatnya mau ngajuin visa kerja / sekolah.

      Yep, klo tiketnya ganti tanggal ga masalah kok. Klo mau balik lagi ke Korea lagi juga ga usah ke Kedutaan Korea lagi, selama masih dalam rentang waktu 3 bulan yang sudah ditentukan.

      Delete