Sunday, March 25, 2012

#triplombok part 1: Lombok, Nusa Tenggara Barat

The map of Paradise

Seringkali saya nerima pertanyaan soal destinasi tempat mana aja yang bisa dikunjungi dengan prinsip low budget atau istilah happening skarang: liburan ala backpacker.  Nah pas banget saya mau sharing pengalaman saya waktu trip ke Bali-Lombok 2 tahun yang lalu. Uang yang saya bawa hanya Rp. 1.500.000 untuk trip ini (diluar tiket pesawat ya). 

Saya dapet tiket murah Airasia ke Denpasar via Bandung. Harganya PP Rp. 398.500. Untuk mencapai bandung, saya nebeng temen yang kebetulan akan pulang ke Bandung pada hari itu. Lumayan, dapet tumpangan gratis, cuma nyumbang bayar tol cipularang. Hehehe. Thanks tumpangannya ya Kendi! hohoho

Sampai di Denpasar, saya dijemput teman saya Astawa. Kita makan malam di Jimbaran dan sempat sight seeing Legian-Kuta. Sekitar jam 23.00 kami langsung diantar Astawa menuju pelabuhan Padang Bay. Pelabuhan ini adalah akses menyebrang ke Pulau NTB alias Mataram alias Lombok. Kami memilih jam penyebrangan pada tengah malam, karena pernyebrangan ini akan memakan waktu kurang lebih 6 jam. Jadi diharapkan sampe Lomboknya sekitar jam 06.00 pagi.

Tiket nyebrang ke Pelabuhan Lembar (Pelabuhan di Lombok) adalah Rp. 30.000/person. Menurut petugas di pelabuhan, kapal feri datang tiap 1 jam sekali. Sembari menunggu kapal, saya langsung mencharge hp, ipod dan kamera. Tipe anak kota banget ya? Dateng2 langsung cari colokan listrik. Hahaha.

Kapal pun sudah datang lalu kami bergegas naik bersama penumpang2 lainnya. Sempat melihat ada kumpulan anak pendaki gunung yang kayanya udah pengalaman. Kami ikutin aja rombongan itu, dan ternyata mereka langsung ke arah dek kapal. Ternyata dalam dek, sudah tersedia kasur2 untuk tidur, penumpang langsung berebutan nge-tek tempat, akhirnya kami ga kebagian deh. Teman saya Eky masih berusaha nyari tempat untuk tidur, akhirnya dapet juga di ujung dek kapal. Tempatnya Cuma dipan dialasi karpet tipis. Yah lumayan lah ya daripada lumanyun. Hahaha. Menjelang pagi, kami dibangunkan kondektur, rupanya mesti bayar toh tidur disini. Perorang dikenakan Rp. 10.000. 

Semaleman saya ga bisa tidur karena guncangan kapal asoyy bener, ga ada sinyal pula (ya iyalah ditengah laut kaleee). Pinggang pun udah mulai pegel kangen sama empug-nya kasur. Sayup2 kedengeran lantunan bunyi ngorok penumpang lain. Yo wiss lah dinikmati aja, sambil elus2 dompet. Trip Backpacker ya emang begini resikonya.


Sesuai jadwal, kapal merapat di Pelabuhan Lembar jam 06.00 pagi. Kami pun bergegas keluar sambil nyari rombongan pendaki gunung, bermaksud nanya arah. Tapi ternyata mereka cepet banget ngilangnya. Turun dari Feri, sudah banyak supir2 angkot2 yang sigap nawarin nganter, kami pun menolak dengan sopan sambil celingak celinguk nyari taksi. Tapi sejauh mata memandang kok ga ada mobil biru2 ya? Saya pun langsung menelfon blue Bird Mataram. Ternyata taksi tidak diperbolehkan masuk pelabuhan, mba2 operatornya pun menyuruh kami keluar ke arah Gerbang pelabuhan, disitu sekitar 500 meter akan ada pangkalan taksi. Baiklaaahh, mari berjalan, hap hap hap!

Good morning, Lombok

Sambil jalan, sambil denger melodi kukuruyuk perut, kami pun akhirnya melihat pangkalan taksi! Langsung bilang tujuan kami ke Pelabuhan Bangsal. Masuk di taksi saya kaget karena argo buka pintu Rp. 4000 booo!! Luar biasa muraaahh. No worries lah ya meski naik blue bird juga! Hahaha. Klo dilihat dipeta di bawah ini, Pelabuhan Lembar kan di bawah, nah untuk menuju Gili Trawangan kami harus keatas. Kata Pak Supirnya perjalanan sekitar 1.5 jam, wah bisa pengsan nih klo Naga diperut ga dikasi makan. Kita pun rikues berhenti di warung makan sebentar untuk sarapan. 


30 menit pertama kami masih ngobrol2 sama Pak Supir, kami nanya2 soal pantai Sengigi, kata bapak Supirnya bisa aja sih ngelewatin bentar, tapi rute-nya jadi lebih jauh, jadi mending langsung aja tancap ke Bangsal ga mampir2 lagi. Okelah klo begituu, senang dapet supir yang to the point. Hahahaha.  1 jam selanjutnya, kami bertiga tidurrrrrrrrrrr.

Bangun2 ternyata udah hampir dekat, Pak Supir pun ngasi tau klo dia hanya bisa nganter sampai halte taksi, selanjutnya kita harus nyambung naik cidomo (sejenis delman) atau jalan kaki. HEH!? Pak Supir pun mejelaskan memang sudah aturannya begitu, mungkin untuk bagi2 penghasilan sama Penarik Cidomo. Kami pun diberitahu tarifnya Rp. 5000/person. “langsung tembak harga aja jangan ragu2 mbak”, oh mirip sama klo kita naik Bajaj di Jakarta ya?! 


FYI, naik Cidomo agak ga nyaman, karena kretanya lebih kecil dari Delman, jadi jomplang ke belakang gitu, mana tempat duduk saya deket banget sama bokong kudanya. Jadi pengen cepet2 nyampe. Sempet sih ngelewatin Bule2 yang memilih berjalan kaki, malu? Ngga sih, gw capeeeee bookkk…ogah deh jalan 1 km, secara bertiga naik Cidomo cuma Rp. 15.000 ini. hehehe.

Pelabuhan bangsal ternyata lebih kecil dari pada Lembar dan Padang Bay. Karena memang rute perjalanan hanya ke pulau2 kecil sekitaran Lombok. Masuk ke Pelabuhan, informasi harga pun sudah terpampang jelas, Biaya ke Gili Trawangan hanya Rp. 10.000/person. Kami pun segera naik ke Kapal berbarengan dengan Bule2 dan Ibu2 yang habis Belanja Bahan Makanan di Lombok.


Note:
Harga2 kemungkinan sudah berubah, karena trip ini dilakukan pada tahun 2010
source of map: google

No comments:

Post a Comment