Saturday, March 17, 2012

The Excitement of Preparation

Saat ini, traveling merupakan kegiatan yang sedang trend dikalangan generasi muda di Indonesia. Kondisi yang berbeda dirasakan kurang lebih 10-15 tahun yang lalu dimana traveling menjadi salah satu kegiatan “mahal”. Dulu, yang membuat “mahal” adalah harga tiket pesawat dan visa. Saat ini, banyak bermunculan airlines yang menawarkan tiket murah ke beberapa destinasi. Bahkan ada yang rutin menggelar tiket promo setiap 3 bulan sekali. Kondisi tersebut didukung oleh berlakunya “bebas visa” jika kita berkunjung ke Negara Asia Tenggara. Ga heran makanya, klo sekarang traveling menjadi life style baru dikalangan generasi muda.

Bagi saya kegiatan paling mengasyikkan ketika traveling adalah di tahap: persiapan! Adrenalinnya dapet banget, mulai dari usaha dapetin tiket promo, browsing2 tempat wisata menarik, meeting untuk nyusun itinerary bahkan bikin perkiraan budget. Makanya kadang suka ngerti perasaan @trinitytraveler yang suka jengah sama pertanyaan2 klise dari follower yang sebenernya bisa dijawab dengan: browsing via google. 

Makdarit saya bikin blog ini, alasannya utama sebenarnya karena saya senang menulis dan berbagi pengalaman, selain itu juga jadi ajang pay it forward alias balas jasa karna berkat catatan perjalanan dari blog orang2 lah saya bisa lancar ber-traveling. Kali ini saya ingin berbagi tentang hal2 penting yang harus diperhatikan saat persiapan traveling.

Itinerary
Menurut saya ini faktor yang penting banget disiapin sebelum traveling. Kita harus tau daerah mana aja yang akan dikunjungi, klo bisa malah ada detail waktu memerlukan berapa jam untuk mencapai kesana, menuju tempat itu mesti naik apa? Rute mana yang akan diambil dan tentu perkiraan biaya.

Mungkin ada beberapa traveler yang berpijak kepada “ikut kemana angin membawa” ketika liburan. Bisa aja sih, klo memang waktu liburannya lumayan lama, 2 minggu misalnya. Nah saya sendiri ga bisa kaya gitu, kenapa? karena saya yang masih kerja kantoran, one man show pula (ga ada pengganti yang take over tugas selama cuti), ga bisa liburan lama2, maksimal seminggu, Jadinya itinerary saya mesti siap, atau minimal saya sudah tau tempat wisata apa yang akan saya kunjungi selama liburan. 

Caranya bikin itinerary? Gampillll, kita harus bersyukur sama yang namanya Google. Tinggal cari aja dengan ngetik keyword yang tepat. Contoh: “itinerary trip Bangkok”, “catatan perjalanan ke Bangkok”, “must visit Bangkok City”, dll. Atau bahkan ketik aja sembarang: “hotel murah di Bangkok”, “from Bangkok to Phuket by bus”, “souvenir murah di Bangkok”, “jadwal bis ke Phuket”. Nah niscaya akan ketemu beberapa link blog/website yang menampilkan informasi2 tersebut. Dari smua link itu, pasti sedikit ada gambaran tentang wisata2 yang menarik untuk dikunjungi. Bahkan klo nyari-nya lebih teliti, bisa juga ketemu harga2nya. Jadi smuanya bisa diperkirakan secara kasar, kira2 kita siapin dana berapa untuk kesana.

Packing
Jangan anggap remeh kegiatan ini. Karena semakin mepet waktu packing, kemungkinan barang penting tertinggal atau kelupaan sangat besar. Klo saya biasanya sudah punya template pengingat beberapa benda yg mesti saya bawa tiap traveling. Listnya itu2 aja kok. Yang harus diingat adalah praktisnya. Contohnya saya itu punya 1 wadah alat mandi khusus traveling. Jadi klo mau packing tinggal masukin aja tuh tas kecilnya, ga perlu repot2 keluar masuk kamar mandi lagi untuk masuk2in sabun, shampoo dll. Praktis kan? Isinya juga mesti praktis, misal: shampoo yg sachet aja, trus bawa sikat gigi + pasta gigi yg khusus traveling (bisa dilipet), body lotion ga perlu bawa 1 botol, pindahin aja ke botol yg lebih mungil. Mau lebih praktis? Dulu saya suka suka bikin kesepakatan: saya bawa shampoo, temen saya bawa sabun mandi. Hahaha. Tinggal gantian deh klo mau mandi. Praktis kan?

Bagi yang berjilbab kaya saya, bisa lebih lama klo packing, karena ada tambahan bawa jilbab plus baju-nya lengan panjang semua jadinya makan tempat. Triknya? Teknik melipat gulung. Saya menemukan teknik ini, dan cukup efisien. Tekniknya baju digulung serapet mungkin. Trus dijejerin deh di koper/backpack, tenang aja, ga akan lecek kok. Bawa krudung yang berbahan paris aja, lebih ringan ga gampang lecek dan cepat kering klo basah.

teknik packing: gulung baju.

Nyaman itu yang nomor 1, usahakan bawa baju yang ga berbahan panas. hindari pake baju dobel2. Biar tetep ciamik meski lagi liburan, hendaknya pake baju yang berwarna cerah. Jadi tetep kece klo difoto. Sendal juga factor nyaman nomor 2. Usahain pake sandal gunung aja klo mau kemana2. Nyaman banget dan ga repot klo basah cepet kering. Pengalaman saya meski pake spatu teplek, tetep ending-nya lecet2 dan kaki saya gampang keringetan. Paling enak emang sandal, jadi kuku2 bisa nafas, bebasss bergerak bro! hahahahaha

Oia itung2an bawa baju itu ala saya: 1 hari satu baju, karena kebiasaan trip saya itu 1 hari itu keliling seharian dari pagi sampe sore. Ga akan ganti baju lagi sampe malem pas pulang ke hostel/hotel. Rumusnya klo pergi 7 hari, saya bawa 8 baju (7 baju + baju cadangan 1).

Networking
Nah ini penting banget nih. Tiap saya mau traveling, hal yang saya paling inget adalah: “gw ada temen/sodara di daerah itu ga ya?” Hehehe. Karena bisa aja si temen/sodara ini menjadi guide kita, atau paling ngga ngasi tau beberapa tempat wisata unik yang bisa dikunjungi, syukur2 klo diijinin numpang nginep dirumahnya. Hahaha. Tapi serius, networking ini penting.  

Mungkin udah ada beberapa dari kalian yang ikut ‘couch surfing’. Info lengkapnya bisa dilihat di website mereka couchsurfing atau klik FAQ-nya di: FAQ/CouchSurfing pada prinsipnya couch surfing adalah ini adalah sebuah komunitas yang anggotanya tersebar berbagai belahan dunia, jadi ketika kita hendak bepergian tinggal mencari “host” di negara itu, dan kita bisa tinggal di tempat dia dan saling bertukar informasi tentang budaya negara masing2. Tapi saya pribadi belum sampai pada tahap ini.

Saya pernah trip ke Melaka, Malaysia di-guide sama temennya sahabat saya yang berdomisili disana (sahabat saya ga ikut dalam trip ini). Kita belum kenal dan sama sekali belum pernah ketemu. Tapi ya itulah, seharian saya di anter kemana2, bahkan ditraktir makan! Ihiiyy..hahahaha.

Small but important
Antimo. fungsinya itu selain bisa sebagai obat anti mabok, tapi juga obat tidurr! Trutama klo kita harus naik Ferry untuk nyebrang dan perjalanan pesawat yang makan waktu 6-12 jam. Trust me! Daripada kurang tidur, mending negak obat mungil ini. hehehe.

Catat alamat. Bagi yang plesir ke negara2 dimana mayoritas penduduknya ga bisa pake Bahasa Inggris kaya: Jepang, Cina, Korea, Sangat penting untuk meminta seseorang yang bisa bahasa setempat untuk bantu nulis alamat hotel kita/destinasi tempat wisata yang kita tuju. Gampangnya sih, pas kita selesai booking hotel, minta mas2nya nulisin alamat pake bahasa setempat di secarik kertas. Jadi klo semisal kita kesasar dan harus naik taksi, tinggal nunjukkin aja tuh kertas. Rebess deh. Problem solved. Daripada capek2 pake bahasa tarzan. :D

Pulpen. Terutama klo mau traveling ke luar negri, pasti sebelum landing kan kita kudu nulis kartu kedatangan dan pergi tuh dari si pramugarinya. Nah daripada nyusahin orang karna minjem (kalo dipinjemin, klo orangnya pada pelit?), nah mendingan sedia pulpen. Jadinya langsung cuss, ke ngantri ke imigrasi tanpa kudu ke counter buat nulis2 dulu.

Colokan internasional. Kudu-mesti-harus-wajib beli pokoknya bagi yang doyan ke luar negri. Karena colokan antar negara beda2, trutama seputaran eropa, klo asia sih rata2 pake colokan sama kaya kita. Cari yang ada USB-nya juga, jadi bisa charge ipod, iphone dll. Bisa dibeli di ace hardware, agak mahal sih 175.000 IDR. Tapi bisa dipake seumur hidup, asal ga rusak, ya iyaalaahh.


Kompas. Nah bagi yang muslim, benda ini wajib, karena sebagai penunjuk arah kiblat klo mau solat. Ga perlu yang gede2, cukup yang kecil aja yang bisa dijadiin gantungan kunci.

Tas lipat. fungsinya untuk naro belanjaan/oleh2, jadinya ringkes, daripada ngumpulin plastik2. Emang sih kan keliatannya ornag kaya banget yaa abis belanja banyak, nenteng plastik2 gitu, Cuma jadinya ga efisien. Pun, ini tahun 2012 cyinn, eco friendly dong ahh. :D


Drybag. Ini penting bagi yang suka wisata air: diving, snorkeling, rafting dll. Fungsinya untuk naro HP, kamera, dompet, biar ga kena air. Beli yang kecil aja 6 litre merk eiger. Harganya sekitar 80.000 IDR

drybag Eiger 6 ltr

No comments:

Post a Comment