Saturday, January 25, 2014

Welcome to Sydney!!

“Akhirnya sampai juga di Sydney,” wohooooo!!! Setelah 6 jam direct flight dari Jakarta.

Meski pesawat kosong dan bisa selonjoran, tapi saya ga bisa tidur nyenyak. Mungkin karena gugup. Tapi saya emang ga pernah bisa tidur di pesawat sih, hahahhaha. Kebiasaan primitif, klo tidur harus di bidang datar *halah*.

Alhamdulillah barang bawaan saya ga ada yang diperiksa. Itulah gunanya declare ga bawa banyak makanan yang dibawa. Australia agak rewel klo soal makanan. Oia proses di imigrasi juga berjalan lancar, Alhamdulillah. Setelah lewat dari loket imigrasi, kaki jadi lebih enteng, karena itu berarti secara legal, saya diterima masuk Australia. Ihiiyyyy.

Di pintu keluar, Saya langsung celingak celinguk di diretan orang2 yang sudah nunggu and BINGO!!! Ada yang melambai2 tangan dengan senyuman sambil megang kertas:

Mba Ratri
WELCOME TO SYDNEY


Begitulah ucapan selamat datang dari temanku Annisa yang jemput ke Sydney Airport. Seketika badan berasa hangat, kata2nya simple sih tapi ngasi efek psikologis yang menenangkan. Berasa ga sendiri di kota yang bakalan ditinggalin selama kurang lebih 1.5 tahun ini.

Australia lagi gilirannya musim summer ketika saya datang, tapiiii pas liat cuaca di app HP saya, 20 derajat! Hahahaha. Ini mah masih dingin untuk ukuran summer! Langit juga mendung ga ada matahari yang nongol. Dikiranya bakalan panas, eh ternyataa malah sejuk. Saya langsung berasa salah kostum karena dari Jakarta make kemeja, anginnya kenceng banget!!

Saya tinggal sementara di daerah Punchbowl selama kurang lebih 2 bulan. Bulan maret saya akan pindah di daerah Bankstown karena kamarnya baru ready awal maret. Lingkungan yang saya tinggali sepi banget karena ini memang di daerah suburb.

Kebanyakan yang tinggal disini orang Lebanon dan Arab. Jujur, ga berasa lagi ada di Australia, suasananya malah kaya Arab Street, Singapore. Hahahahaha. Tapi Alhamdulillah karena daerah ini paling banyak muslimnya, jadi banyak resto halal. Ga khawatir deh klo mau makan atau jajan. hehehee

Punchbowl

Hal yang pertama saya lakukan setelah naro koper di kamar adalah: 

BELI MAKANAN!!! Saya diajak Annisa ke Woolsworth (semacam Carrefour) untuk mulai belanja. Saya beli: Cereal dan Susu. hahaha dikit amat ya? tapi at least untuk bertahan hidup sampai besok pagi. Saya emang belum mau belanja macem2, rencananya minggu depan aja setelah melapor ke Universitas dan uang stipend turun :D

Di Woolsworth, saya diajarin Annisa untuk memperhatikan ingredients makanan. Penting untuk ngecek secara detail apakah ada kandungan babi/minyak babi di dalam makanan tersebut. Hindari membeli jika terdapat kandungan Animal Fat, Emulsifier 471. 

Susah sih.......karena rata2 bahan2 itu terdapat di Butter, Margarine, Es Krim, bahkan permen!

Saya juga ditunjukin klo mau beli daging sebaiknya di Butcher halal karena sudah pasti mereka tidak memotong daging babi.

Selain itu saya juga diajarin cara naik kereta. (Tetep yaa kemana2 naik kereta! Angker sejati!). Transportasi di Sydney terbilang mahal, apalagi bagi saya yang tinggal di Suburb. Perjalanan PP dari Punchbowl ke City kira2 $ 6.20, klo dirupiahin sekitar 60rb cyinnn. Itu pun klo lagi ga rush hour (jam 10.00 am ke atas), klo lagi rush hour, bisa $ 9.20. Tapi Alhamdulillah karena saya mahasiswa beasiswa jadi nantinya akan dapet travel conssession, lumayan bisa mengurangi pengeluaran karena dapet potongan harga setengahnya.

contoh tiket

Segitu dulu kali ya cerita dari Saya.
Insya Allah akan terus posting #Australia di blog ini.

No comments:

Post a Comment