Monday, January 4, 2016

Berkunjung ke Auckland, New Zealand


Halo Auckland!!


Kota ini menjadi kota pertama yang saya kunjungi di serangkaian #tripnewzealand pada bulan Juli yang lalu. Alhamdulillah saya dapet tiket promo Sydney ke Auckland sebesar 165 NZD untuk one way atau sekitar Rp. 1.541.000 dari Air New Zealand. Harga tiket ini termasuk murah banget karena harga normalnya sekitar 310 AUD atau sekitar Rp. 2.895.000 (one way). Hehehe.

Bagi turis yang ingin menjelajah New Zealand dari north island sampai ke south island kebanyakan start dari Auckland (north island) lalu terus ke bawah sampe Queenstown (south island). Klo mau bener2 jelajah NZ sampe puas, bisa sampe 1.5 bulanan karena tiap kota mempunyai keindahan alam yang unik. Bahkan temen satu kamar saya di hostel bilang, dia harus 2x balik ke NZ untuk bener2 nikmatin keindahan NZ.

Lalu seperti apa Auckland?
Kota ini  merupakan kota terbesar dan dihuni oleh 32% total populasi di New Zealand. Meskipun demikian rasanya Auckland masih jauh lebih sepi dan tenang jika dibandingkan dengan kota besar lain di Australia, misalnya Sydney. Jam 7 malem di Central Business District (CBD) jalanan sudah sepi, mobil2 sudah jarang berseliweran dan sedikit sekali orang2 yang masih beraktivitas.

Objek Wisata di Auckland

Sky Tower
Objek wisata paling terkenal di Auckland adalah Skytower. Tower ini sekaligus menandakan kemajuan kota Auckland, selain gedung tinggi modern lainnya yang berkumpul di CBD. Pengunjung dapat menikmati kota Auckland dari ketinggian lantai 51 dengan membayar tiket masuk sebesar 28 NZD (Main Observation Deck). Selain itu, pengunjung melakukan aktivitas di lantai lainnya, seperti:
  • Level 50: Sky Lounge
  • Level 52: Orbit 360° Dining
  • Level 53: The Sugar Club restaurant, SkyWalk and SkyJump
  • Level 60: Sky Deck

Mt. Victoria Reserve
Mt. Victoria Reserve adalah spot yang sempurna untuk melihat landscape kota Auckland. Lokasi ini terletak di Devonport dan dapat dicapai dengan menggunakan mobil pribadi atau naik kapal ferry. Jika memilih untuk naik ferry, bisa naik dari city terminal dan turun di Devonport Ferry Terminal, lalu perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 20 menit menuju puncak Mt. Victoria Reserve. 


Selain menikmati indahnya kota Auckland, kita juga dapat melihat2 peninggalan persenjataan jaman perang karena menurut sejarah tempat ini merupakan tempat observasi/pertahanan tentara NZ untuk mengantisipasi serangan musuh.

Saint Marys Bay
Di lokasi ini kita dapat melihat sunset dengan latar belakang kapal2 yang sedang parkir di pelabuhan. Saint Marys Bay posisinya deketan sama Westhaven, jadi bisa sekalian mengunjungi 2 tempat dalam satu waktu. Jaraknya hanya 5 menit naik mobil atau klo jalan kaki sekitar 30 menitan.




Westhaven Marina
Tempat ini merupakan pelabuhan kapal2 kecil. Di sekitar westhaven ada resto dan bar yang menyediakan menu seafood. Setelah naik jembatan pertama, ada spot foto yang bagus untuk melihat sky tower dan beberapa gedung bertingkat di CBD. Bagi yang suka foto landscape, tempat ini ideal banget trutama klo mau jepret kota Auckland di malam hari. Soalnya klo mau jepret di Mt. Victoria Reserve agak kejauhan.


Kesan saya selama berada di Auckland adalah kota ini cukup nyaman dan aman. Udaranya jauh lebih bersih daripada di Sydney. Oia, rasanya waktu berjalan lebih lambat di Auckland, waktu saya jalan menelusuri CBD saya merasa orang2 ga terburu2. Beda banget klo dibandingin sama Sydney dan Melbourne yang serba in a rush.

No comments:

Post a Comment