Monday, April 3, 2017

#ColdplaySingapore

Oke.  Gw belom bisa move on. Ini udah H+3 dan gw masih bahas konser #ColdplaySingapore ke temen2 kantor, berkali2 liat video konser yang sempet gw rekam, sampe cekikikan sendiri kalau ingat pada 31 maret yang lalu akhirnya bisa nonton konser Coldplay di Singapore. Sindrom2nya mirip kaya orang lagi kesemsem2, tsenyum-tsenyum sendiri, cekikian tanpa sebab. 

Die Hard Fans?
Hmmmm, ada masanya gw denger Coldplay muluukkk apalagi pas jaman album Parachutes, X & Y, Mylo Xyloto dan Ghost Stories keluar. Semua lagu didengerin terus setiap hari, sampe bosen banget baru deh ganti denger band lain. Ada kalanya gw jarang dengerin, apalagi di 3 album terakhir berasanya genre Coldplay mulai rada geser dari Alternative rock ke Pop rock. Jadi butuh adaptasi untuk “paham”.

Meski begitu, kali ini gw udah punya niat bakal bela2in dateng klo Coldplay konser di Indonesia atau sekitaran Asia Tenggara karena kesempatan untuk nonton Coldplay udah 3x gw lewatin. Huhuhuhu. Makanya pas denger mereka mau konser di Singapore tanggal 1 April 2017, gw udah ributt aja ancang2 beli tiket. Pokoknya mesti dapet gimana pun caranya.

Nobody said it was easy! 
Gw udah feeling sih klo pas penjualan tiket udah resmi dibuka, pasti bakalan rebutan. Saingan ga cuma dari warga Singapore sebagai tuan rumah, tapi juga orang Malaysia, Brunei bahkan mungkin saingan sama orang Indonesia sendiri. Dan bener, cuma dalam waktu 2 jam aja kurang lebih 50.000 tiket soldout. LIMA PULUH RIBU TIKET CHOY! Dan gw termasuk yang gagal dapetin tiket. Aslik gw desperado banget pengen nonton!

Gara2 gagal, gw sama Shelma udah siap2 aja mau beli tiket konser yang ke Manila, tapi kemudian promotor Singapore, Lushington Entertainments, ngumumin klo mereka akan ngadain second show tanggal 31 Maret 2017 dan jual beberapa restricted view untuk tanggal 1 April. Alhamdulillah angin segar bangeeett ini, dari situ gw udah niat bakalan usahain untuk beli dua2nya dengan strategi pake 4 gadget sekaligus untuk akses ke website Sports Hub Tix.

Hari yang ditunggu2 dateng, gw udah jejerin gadget sampe minjem HP dan laptop temen buat beli tuh tiket.

Dan gw pun kembali gagal.

Asli nangis sejadi2nya. Total 100.000 tiket yang dijual untuk konser 2 hari gagal dapet. Seharian rungsing aja di kantor. Males kerja karna bete banget. Kesel karna demi pantengin tiket, ampe gw bela2in ga ke kamar mandi untuk nunggu waiting list pembelian tiket. Huft. Bener banget tuh lirik lagu coldplay “nobody said it was easy.....” ga nyangka bakalan serempong ini dapetin 1 tiket doang.

Tapi trus tiba2 ada mesej WA masuk dari Shelma. Dia ngabarin klo DIA BERHASIL DAPET 4 TIKET! Alhamdulillah ya Allah, meski gw ga berhasil beli, tapi bisa dapet tiket via Shelma! Allah maha baik! 

and the airline prices were going nuts!
Dan perjuangan belum berakhir karena harus cepet2 beli tiket pesawat ke Singapore. Nih ya klo 100.000 orang bakalan nonton coldplay, katakanlah separonya non-Singapore, jadi gw mesti saingan lageeeee sama orang2 untuk beli tiket pesawat. Yasalam. Mana harga tiket melonjak tajam, sampe konon business class pun sold out. Gilak emang! Untungnya, masih bisa dapet tiket meski harganya mahal dan pulangnya meski via Batam. Ya sudlah, anything for Coldplay. Jabanin aja.

But its worth every penny...
Hari yang ditunggu2 pun dateng, konser mulai jam 8 malam, tapi kita udah di venue dari jam 5 sore. Alhamdulillah begitu dateng langsung dapet antrian agak di depan. Sebenernya bisa lebih santai karna gw duduknya di tribun yang ada seat number, jadi ga bakal rebutan. Tapi kita males banget masuk penuh2an, lagian udah ga sabar aja pengen cepet2 sampe biar tenang, ga grusagrusu, dan bisa foto2 dulu. MWUAHAHAHA.


Sampe di TKP kita langsung beli makanan dan pipis mumpung yang antri belom banyak. Soalnya ga pengen keluar-masuk venue, maunya fokus aja nonton konser 2 jam.

Truuuusss ga lama opening act-nya udah mulai. Gw ga pernah denger sih si penyanyi sama lagu2nya. Tapi lumayan lah musik2nya asik buat goyang, itung2 pemanasan! Hahahaha.

Dan tepat jam 8 malam, tiba2 ada lagu opera o mio babbino caro, OMG I know this song! Hahahaha. Ini lagu yang suka gw denger klo lagi di kejar deadline. Lebih menenangkan denger lagu2 klasik/opera klo lagi under pressure. Ajaib emang si coldplay ini!

Dan tiba juga saat yang ditunggu2. Tiba2 panggung redup, cahaya laser mulai beraksi, layar nyala dan COLDPLAY PUN MUNCUL bawain lagu “a head full of dreams” dan seketika panggung pun dipenuhi dengan lampu2 merah kelap kelip. Ternyata gelang yang dikasi ke kita pas masuk venue tiba2 serempak nyala! *ini ngetiknya aja masih merinding klo gw inget2*

OMG terharu biru!!!! Lagu yang dibawain persis banget sama yang gw rasain! Di kepala penuh sama pikiran “akhirnya mimpi gw untuk nonton Coldplay terwujud HARI INI, Alhamdulillah!” dan lagu kedua pun bikin makin gw emosional, mereka mainin YELLOW! Lagu ini yang bikin gw mulai jatuh cinta sama Coldplay, seakan2 mereka ngingetin lagi kenapa kita suka mereka dan kenapa kita ada disini!

Chris Martin mulai interaksi sama penonton, dia berterima kasih sama kita udah dateng. YA ELAH MAS, KITA KALIK YANG TERIMA KASIH LO PADA UDAH MAU NGADAIN KONSER KEDUA! Hahahaha. Chris sempet ngasi apresiasi buat orang2 Australia dan Indonesia yang bela2in dateng ke konser ini. haduduuuu Indonesiaaa disebuuutt!

Lagu ketiga yang dibawain "Every Teardrop Is a Waterfall", YASALAM ini lagu favorit gw banget!!!! Gw sampe ngerasa kok tau ajeee sih ya mereka sama apa yang gw harapin *lebay*. Ini lagu punya kenangan sendiri soalnya. Aslik pemilihan lagu dan ngatur urutan lagunya bikin kita terbawa emosional. Berganti2an antara lagu lama, lagu baru, lagu jejingkrakan dan lagu slow. Belom lagi laser yang spektakuler, background image, confetti, balon2 warna warni dan cahaya gelang yang ngikutin tempo lagu. Bener2 semua skenario tersusun rapih!


Sementara itu adrenalin kita naik terus. Ga terasa 23 lagu dimainin karena semuanya smooth banget dan ga bikin capek! Serius deh, mereka seperti nuntun kita kapan mesti jejingkrakan, kapan mesti chill saat mereka mainin lagu akustik. Oia Soundsystemnya juga AJIPP bener! Stadion segede itu, suara Chris Martin sampe ada dimana2, kek iklan dolby atmos di bioskop: “all around you”. HAHAHAHAHA.

Chris Martin sempet ngelawak juga, dan sempet minta ulang nyanyi karena nadanya kerendahan. Bahahahk. Staminanya luar biasa, lari sana sini, lompat sana sini, sempet kedengeran ngos2an tapi suaranya stabil. HEBRINGGGG!!! Gw merasa meski komunikasi personel coldplay ke penonton ga hebring2 amat tapi mereka bercerita banyak lewat penghayatan saat mainin lagu, lewat gestur Chris. Nyampe di hati banget loh, padahal gw belom hafal sama lagu2 baru.

Photo by Aloysius Lim

Puncaknya pas Amazing Day dibawain! Asliiii gw terpana dan memutuskan untuk ga videoin karena mau enjoy the moment. Ini lagu favorit gw di Album a head full of dreams. Dan ga disetiap konser mereka nyanyiin itu. Trus TIL KINGDOM COME DIBAWAIN AJA LOH! Ini juga favorit guaaahh banget! Oia ada momen (menit ke 2:25) dimana Chris nyuruh kita untuk nunduk, nunduk dan terus pas tempo lagu udah naik dia nyuruh kita loncat! Gilaaaaaaa paraaaahhh. Keren bangeeeeeett! Semua terhipnotis. Ya sama performance band secara keseluruhan, maupun sama skenario panggung.

Fix semua pengeluaran gw untuk konser ini kebayar kontan tanpa kembalian. Hahahaha. PUAS BANGET. Sebagai gantinya gw dapet kenangan indah banget. No wonder ya orang2 pada rela bayar mahal untuk nonton Coldplay. Karena memang worth every penny.

Photo by Aloysius Lim

its beyond than mark done your bucket list 
Bagi gw ini bukan sekedar nyontreng bucket list bahwa gw berhasil nonton Coldplay. Tapi ini gw anggap sebagai ajang mengingat kembali momen ups and downs di hidup gw yang ditemenin sama lagu2 Coldplay. Gw juga merasa lewat konser ini, Chris Martin, Jonny Buckland, Guy Berryman dan Will Champion berterima kasih sama Fans mereka. Ini dibuktiin dengan tulusnya performance mereka dan suguhan spektakuler dari tata panggung, cahaya, dll. Gw merasa konser ini bukan sekedar ajang cari duit untuk bikin next album. Setiap lagu demi lagu dimainin, gw berasa semakin ga ada jarak antara mereka dan kita sebagai fansnya.

Selesai nonton, gw pun merasa masih kurang. Masih pengen nonton lagiiiii. Emang bener kata @amrazing, NONTON COLDPLAY GA CUKUP SEKALI!

PS: Songlist #coldplaysingapore 31 Maret bisa diliat disini.

No comments:

Post a Comment