Wednesday, January 11, 2012

All about Ho Chi Minh City

Seputaran Mata Uang
  1. Nilai mata uang Vietnam lebih rendah dari Rupiah. Kisarannya 1 VND itu = Rp. 0.5, jadi setengah harganya. Klo ada barang harganya 3000 VND, artinya klo dirupiahin harganya Cuma Rp. 1500
  2. Ke Vietnam sangat disarankan bawa USD karena nilai tuker USD di Vietnam tinggi. Klo bawa uang VND dari Indonesia malah itungannya rugi, pun ga semua money changer di Jakarta punya stock VND.
  3. USD bisa dituker sebagian di Bandara Tan Son Nhat International Airport, HCM. Di dekat pintu keluar bandara ada beberapa booth Money Changer. Pilih yang harganya paling tinggi, waktu itu kisaran paling tinggi 1 USD = 21.000 VND. Sebagian lagi USD-nya bisa dituker di manapun. Saya pernah baca di catper traveler lain, dia dapet harga 1 USD = 22.000 VND di money changer pinggir jalan. 
  4. Menurut saya, kalau mau bayar hotel, tour package, belanja dalam jumlah banyak mendingan pake USD karena jatohnya lebih murah.
Seputaran Transportasi
  1. Jika ingin menggunakan taksi, disarankan memakai taksi Vina Sun atau Mai Linh, karena pake argo dan reputasinya baik di kalangan turis. Tarif awal buka pintu: 7000 VND.  Kalau dari bandara ke hotel, lebih baik pesen taksi langsung dari counter taksi resmi di Bandara. Ada kok di pintu keluar, letaknya sebelahan sama booth money changer.
  2. Kalau mau irit, bisa naik Bis umum, biayanya: jauh – dekat cuma 4000 VND. Tapi harus tau rute2nya karena kesulitan jika naik Bis umum adalah supirnya kebanyakan ga bisa bahasa inggris, jadi agak susah juga berkomunikasinya. Perlu diingat bahwa beberapa Bis hanya beroperasi hingga pukul 21.00 malam.
  3. Banyak blog yang menyarankan sebaiknya tidak menggunakan becak Vietnam, karena menurut pengalaman turis2 yang lain, Abang Becaknya suka memeras dengan meminta tambahan uang yang berbeda dari harga deal yang awal.
Seputaran Makanan/Minuman
  1. Bagi muslim, agak susah menemukan makanan halal di HCM. Hanya ada beberapa resto halal, itupun masakan Malaysia. Paling aman adalah makan junk food seperti Pizza Hut, KFC atau sejenisnya.
  2. Kalau mau beli snack dan air mineral sebaiknya beli di Circle K, karena harganya lebih murah dibandingkan dengan toko supermarket local lainnya.
  3. Kalau mau cari tempat makan, banyak sekali ditemukan di Daerah distrik 1, Pham Ngu Lau street. Dari mulai makanan khas Vietnam yaitu Pho noodle, ada juga makanan western, makanan china sampe makanan junk food.
  4. Informasi tentang daftar resto halal di HCM: halal-guide at HCM
Seputaran Hotel/tempat penginapan
  1. Banyakk buangettt hotel murah HCM. Saran saya, sebaiknya pilih hotel yang bagus, toh jatohnya dengan fasilitas yang sama, masih lebih murah hotel di HCM dibanding Jakarta. Sangat disarankan memilih hotel di daerah di distrik 1, terutama Pham Ngu Lau Street.  Karena ini merupakan daerah turis backpacker dan berada di Pusat kota, jadi dekat klo mau kemana2.
  2. Yang harus diperhatikan dalam memilih hotel adalah kebersihan, akses wifi/internet di kamar, ber-AC, kamar mandi di dalam dan ada air panas.
  3. Sebagai patokan saya menginap di Saigon Mini Hostel 2. Harga yang saya dapat : 700.000 VND/person/5D4N atau Rp. 350.000 selama 5 hari, 4 malam). Exclude Breakfast yaa..
Seputaran Belanja
  1. Yang suka belanja, wajib hukumnya datang ke Benh Tanh Market. Buka dari jam 08.00 – 19.00. Modelnya kaya ITC, semua ada disini. Dari baju, tas, souvenir, scarf, makanan, kopi Vietnam, sepatu. Jangan lupa nawar yaa, banting harga dan harus ngerayu2 plus agak galakan dikit..hehehehe..
  2. Jam 19.00, ada pasar malam di samping (kanan-kiri) gedung Benh Tanh Market, klo siangnya ini jalan raya biasa, klo malamnya ditutup untuk pasar malam, modelnya kaya tenda2 . Disini bisa banting harga banget, lebih murah jatohnya.
  3. Klo mau bawain oleh2, bisa dibeli Kopi Vietnam.  Saya beli kopi Vietnam 1 kg = 60.000 VND. Atau bisa juga beli souvenir dompet kecil, tempelan magnet, pajangan, kaos. 
  4. HCM itu konon, pabrik jauhnya tas kamera merk Crumpler, tas Kipling, Samsonite, dll. disini harga tasnya muraahhh bangeetttttt, aseliiii..harus diniatin bawa uang mayan banyak klo mau belanja tas2 itu. saya beli tas kamera cuma seharga 15 USD, padahal  aslinya bisa nyampe sejuta-an. soal kualitas? sama persis! KW superrrrr..ini belinya di ruko2 deket benh tanh  market.
cuma 15 dollar lho alias 150rb doang cyinn

Seputaran jalan2
Kebanyakan tempat wisata di HCM itu letaknya jauh2, contoh:  Chu Chi Tunnel itu perjalanan 1.5 jam, Cao Dai Temple 2 – 3 jam, Sungai Mekong: 1.5 jam. Tapi tenang kok, banyak wisata2 asik di HCM. Bagi yang suka hal yang berbau arsitektur, wajib datang ke Katedral dan Post Office. Letaknya berdekatan kok antara Katedral, Post Office dan Reunification Palace. Jadi bisa satu waktu dikunjungi.

Katedral


Post Office
Arsitekturnya Vintage

wartel interlokal nih

No comments:

Post a Comment