Sunday, January 1, 2012

Eksotisme ngupas kelapa di Vietnam

Bagi yang sudah pernah membaca buku pertama “The Naked Traveler”, pasti masih inget cerita “Eksotisnya Pohon Pisang”. Trinity, sang penulis, menceritakan pengalaman ikutan tour di Puerto Rico yang ternyata memasukkan agenda wisata melihat pohon pisang! Hahaha. Waktu baca saya ketawa ngakak banget tuh, ga menyangka bahwa 3 tahun kemudian saya mengalami hal serupa.

Hari terakhir di HCM, Saya dan Dinda memutuskan untuk ikut full day Mekong River Tour. Sebenarnya niatnya cuma membunuh waktu aja sih karena kita punya waktu kosong 12 jam. Jadinya sekalian aja ikut full day trip ke Sungai Mekong. Kami pun memilih Tour Agent yang berbeda dari sebelumnya, cari yang lebih murah, ternyata nemu, meski cuma lebih murah 2 USD alias beda Rp. 18.000 doang cyiinn, *tuing*. Kami pun membayar paket 8 USD/person. Paket tersebut sudah termasuk biaya naik Bis, naik perahu di Sungai Mekong, Tour 3 Pulau, makan siang, snack buah, berkeliling naik Sepeda.

Perjalanan dilanjutkan dan sampai ke Pelabuhan untuk memulai Tour Mekong Delta, kami pun naik kapal berkapasitas 20 orang. Ternyata oh ternyata Mekong River yang dimaksud itu kaya kali, warna airnya coklat, persis lah kaya Kali di Indonesia.  Menurut Guide kami, sungai dilintasi oleh 6 Negara, yaitu China, Burma, Laos, Thailand, Cambodia and Vietnam dan menjadi salah satu roda perekonomian juga bagi negara2 tersebut. 

Dinda @ Sungai Mekong

Perjalanan hanya memakan waktu sekitar 10 menit, kemudian kami singgah di salah satu pulau. Di Pulau ini terdapat rumah penduduk, ada juga kios yang menjual souvenir2. Kami pun singgah di restoran untuk disuguhi snack buah. Sambil makan buah, kami dihibur oleh Penyanyi yang menyanyikan lagu Vietnam. Klo istilahnya sih kaya pengamen gitu, soalnya mereka bagiin keranjang untuk diisi uang tip. Saya sih konsen makan buah yang disuguhin, laperr boo. Buahnya banyak, ada jambu, nanas, mangga buah naga, sawo, jambu, ada bumbu rujaknya plus bumbu garam. Karena keliatan gragasan saya berasa diliatin Bule2 sih, tapi bodo amat lah. Hahaha.


Perjalanan pun dilanjutkan dengan melintasi sungai Mekong, kami pun naik perahu berkapasitas 4 orang. Sebelumnya Tour Guide kami mengingatkan bahwa, meski biaya trip ini sudah termasuk bayar perahu, tapi ada baiknya memberikan tip ke tukang perahunya, karena mereka miskin sekali.  


Ketika naik perahu, sebenernya suasana eksotisnya dapet sih, karena kami mengelilingi delta sungai yang sekelilingnya adalah pohon2, perahunya pun sejenis sampan. Tetapi, karena tukangnya ngedayungnya cepet banget, jadinya kaya diburu2, sempet nabrak2 perahu lain pula. Jadinya saya sih kurang nyaman karena kurang menikmati. Sepertinya mereka harus cepet2 balik ke dermaga untuk ngangkut penumpang lainnya, kejar setoran mungkin ya?! Kami pun memberikan tip 10.000 VND ke Tukang Perahunya. 


Perjalanan pun dilanjutkan ke Pabrik Coconut Candy. Nah ini dia nih, yang bikin saya ngakak banget. Jadi udah sampe Pabrik, si Guide langsung heboh demonstrasi sesuatu, saya kan lagi sibuk makan permen sample, jadi penasaran, apaan sih Heboh banget!! Yaa Ampyun, ternyata lagi sibuk mempraktekan caranya buka Kelapa! lalu terdengar desahan "wow" dari bule2 pas tahu bahwa kulit kelapa itu agak susah dibuka. Bwuahaahahhaa..penting banget deh infonya! bule2 langsung pada ngerubungin, sampe di video-in dan difoto2.

Apalagi pas Guide-nya ngebolongin kelapa dan keluarlah itu air kelapa! Pada berdecak kagum..hahaha..Belom tauuu dia!! Klo mau beli es kelapa di Jakarta juga biasa ngeliat abangnya ngupas kelapa langsung di depan mata! Bahkan klo mau yang esktrim lagi, orang Indonesia juga bisa ngupas kelapa pake gigi a.k.a atraksi Debus! itu kayanya lebih menarik dilihat deh. hehehe.

nahh ini belom seberapa ya? Pas kita lanjutin perjalanan, ada heboh banget foto2 di pohon, tau ga ngapain? Foto sama buah nangka!!! Bwuahahahaha..Gilee dah! Jauh2 ke Vietnam, cuma buat liat buah Nangka! Luar biasaaaaa!!!

Nah ada lagi yang nggilani, masih belum reda ngakak2nya, eh ada lagi nih yang berenti jalan trus konsen foto2 di 1 spot. Kirain pohon nangka lagi?! Ga taunya fotoin kubangan lumpur yang agak2 mirip got!! Djiaaahh..wakakakakakakaaka..astagaaa! luar biasaa, klo tau dia bakalan heboh banget, di sekitaran rumah saya juga banyak kaleee…wakakakakakakak

Ga heran juga sih akan nemu kasus yang begini2 selama trip-nya masih seputaran Negara tropis, apalagi masih dalam satu kawasan Asia Tenggara. Jadi klo mau suasana yang berbeda, ya harus ke Negara Non Asia, contohnya Eropa. Udah waktunya kali ya?! #kode hahahahaha..

No comments:

Post a Comment