Sunday, December 10, 2017

6 jam di Istanbul, Turki


Hellawwwww..

Memasuki bulan desember, gw teringat beberapa utang postingan blog yang belum dibikin. Salah satunya adalah #tripistanbul. Ini sebenernya trip setaun yang lalu. Eits tenang, tenang, info-nya masih valid kok. 

Gw dateng ke Istanbul itu Desember 2016, pas lagi winter, tapi sayangnya akiu ga kebagian salju. Fufufufufu. Yaaaah belom rejeki, Insya Allah bisa ngerasain salju di next trip2 berikutnya. Aamiin.

Sebelumnya, gw klaripikasi dulu ya, jadi ini ngetrip instan. Gw cuma 6 jam doang di Istanbul. HAYAH KENTANG bats!! Etapi beneran gw praktisnya cuma numpang makan siang, pipis, solat dan makan malam disini. Udah kek RANGKAYAH belom? Mihihikk.

Jadi kenapa kentang bats? karna singgah di Turki adalah bagian dari rangkaian trip umroh setahun yang lalu. Gw memang pilih paket Umroh via Turki (naik Turkish Airlines), karna biar setali tiga uang gitu. Selain umroh, gw bisa jalan2 pula. Alasan lain adalah faktor harga yang mayan murah, gw cuma nambahin uang buat biaya pembuatan visa. Best deal khaaann?

 

Tour Istanbul Gratis!


Salah satu keuntungan pake Turkish Airline adalah penumpang bisa keliling Istanbul gratis! Ini beneran gratis!!! tis!! tiss!! Kok bisa? Jadi seperti yang gw udah jelasin di atas, gw pan umroh pake pesawat Turkish Airlines dan transit di Bandara Ataturk Istanbul sebelum pulang Jakarta. Nah maskapai ini menyediakan fasilitas tour gratis keliling Istanbul dengan syarat:
  1. Lo penumpang Turkish Airlines
  2. Lo adalah penumpang flight internasional yang lagi transit di Istanbul minimal 6 jam, maksimal 24 jam.
  3. Lo punya visa turki

 

Gimana caranya bikin Visa Turki?


Di bagian ini gw dibantu oleh tulisannya Winny Marlina tentang proses apply visa Turki. Karna pan gw kaga ngurus sendokir bray, diurusin agen trapel. Jadi klo pemirsah pengen tau langkah2nya mending baca blog post dari Winny aja ya ya ya?



 

Gimana caranya biar bisa ikutan Tour Istanbul Gratis?


Klo lo memenuhi 3 syarat diatas, dan lolos di imigrasi Turki, lo tinggal dateng aja ke counternya. Lokasinya di depan Starbucks, International Arrival. Disitu ada semacam konter Hotel Desk. Lo tinggal langsung nanya aja ke abang2 konternya soal tour Istanbul. Nanti dia akan cek tiket/boarding pass dan passport lo. Klo lo memenuhi syarat, doski akan langsung nganter lo ke bis.

Oia jadwal tournya banyak, jadi tinggal disesuaikan aja sama jadwal kedatengan dan keberangkatan pesawat lo. Ini jadwalnya:

-    08:30 s/d 11:00
-    09:00 s/d 15:00
-    09:00 s/d 18:00
-    12:00 s/d 18:00
-    16:00 s/d 21:00.

Lewat dari jam tersebut mereka ga terima. Satu hal lagi yang ga kalah penting adalah mesti dateng 30 menit dari jadwal keberangkatan ya, klo dateng telat harus ikut jam yang selanjutnya.

 

Paket Tournya kemana aja?


Karna gw ikutan yang jam 12.00 – 18.00 jadinya cuma dikit yang didatengin: Hagia Sophia, Sultan Ahmet Mosque, Hippodrome Square, Topkapı Palace, Grand Bazaar, dan Istiklal Avenue. ITU UDAH LUMEYEN BENGETS sih. Nah klo waktu tunggu transit agak panjang, pilih yang jam 09.00 – 18.00 aja. Pasti akan lebih banyak tempat yang di datengin.



Menurut gw ga ada ruginya sih lo ikutan tour ini, justru harus dimanfaatkan bener klo lo terbang pake Turkish Airlines dan punya masa tunggu transit minimal 6 jam. Karna disamping bisa liat kota Istanbul yang cantik banget, lo juga dapet makan siang dan makan malam gratis! WHAT? Iyeeee asik kan? Trus shuttle busnya juga gratis, plus dapet pemandu wisata juga yang akan nerangin sejarah masing2 tempat wisata yang didatengin. 

Ini salah satu strategi yang keren sih, karna Turkish Airlines memfasilitasi kita untuk lihat Istanbul dari dekat, semacam preview/teaser sebelum balik lagi untuk ngetrip beneran. Dan hampir dipastikan lo akan “buang duid” alias belanja di Istanbul, karna siapa yang bisa nolak sajadah cantik atau mangkok2 cantik dari Turki!

Info lengkap mengenai tour gratis ini silahkan cekidot langsung ke websitenya di : www.istanbulinhours.com

No comments:

Post a Comment