Saturday, August 19, 2017

My Skincare Routine


DOR! Wakakaka. Dateng2 ngagetin orang. Helaawww semuaa I’m back. Kali ini mau ngepost review ah, udah lama ga ngeripiu sesuatu. Nah kali ini gw mau ngomongin soal skin care Korea yang lagi gw jalanin kurang lebih 3 bulanan.

Ini gw termasuk telat sih, temen2 kantor gw bahkan udah dari 2 tahun lalu make produk skin care Korea. Gw termasuk anak kemarin sore, baru nyoba 3 jenis produk/langkah dari 10 langkah yang “ideal”nya harus dilakukan biar kulitnya kinclong bak mbak2 drakor. 

Gw cerita dulu kali ya kenapa ujug2 gw pake skin care Korea. Awalnya gara2 gw ngerasa kulit gw tuh kusam, jerawatan dan punya bekas jerawat di pipi yang ga ilang2. Nyokap udah gemes nyuruh gw ke dokter kulit, tapi gw belum rela keluar duid banyak untuk kulit muka doang. Pun dari beberapa opini temen gw, ketika pemakaian obat dokter berenti, muncul lagi tuh problem kulit. Jadinya kek ketagihan obat muka untuk hal yang temporary. Mau beli SK II yang katanya tokcer juga masih maju mundur. Alasannya karna mahal. Kayanya lebih baik duidnya buat nambah2in tabungan haji. Sayang aja rasanya. 

Pas bulan puasa kemarin, gw random ngeliat video youtube-nya Suhay Salim. Di video ini dia jelasin panjang lebar soal skin care routine dia dengan memakai produk Korea. Beberapa produk yang dia pake harganya menurut gw relative lebih murah dan banyak variasinya. Jadi beneran bisa milih sesuai kebutuhan dan kondisi kantong kita. Gw pun tergoda mulai nyoba beli dikit2 skin care Korea, tapi ini masih level cemen ya, level newbie.  Berikut urutan skin care Korea pertama yang gw coba:


Sheet Mask

Merk pertama yang gw coba itu Nature Republic yang kebetulan ada di laci gw (oleh2 dari Korea). Di instruksinya ditulis pemakaiannya cukup 15-20 menit, tapi karena gw ga mau rugi, gw pake aja sampe sheet masknya kering di kulit. Pasca make sheet mask, langsung terasa halus dan kenyal di kulit gw. Happy deh rasanya karena efeknya cepet terasa. Saking semangatnya, gw hampir tiap hari make. Cuma sekarang udah dikurangin biar ga boros. Meski harga relatif murah, sekitar 10-20 ribu, tapi berasa ugha klo dipake saban hari. Akhirnya pemakaian sheet mask cukup 2x seminggu atau tergantung mood gw aja. 

Selain Nature republic, gw ganti2an make merk Innisfree atau Tony Moly. Efeknya sama aja kok, tinggal disesuaikan bahan alaminya sama problem kulit gw. Misalnya gw pengen kulit yang lebih cerah gw pake yang rasa lemon atau beras, klo pengen kulit rada kenyal pake yang madu atau tomat. Ga masalah merknya apa.



So far sih, untuk 3 bulan pemakaian kulit gw lebih cerah, jarang jerawatan dan terasa halus. Bekas jerawat juga agak memudar, mungkin karena sekarang kulit muka jadi lebih cerah ya. 

Tips: Sebaiknya amati perubahan pada kulit pasca make sheetmask. Ga semua orang cocok pake sheet mask, temen gw ada yang bruntusan pas make merk tertentu. Ada juga yang ga masalah sama merk tapi kulitnya bermasalah tiap pake sheetmask yang ada kandungan madunya.


Clay Mask

Awalnya gw kira minyak dan kotoran dari pori2 itu bisa dibersihin pake sabun muka biasa, ternyata eh ternyata kudu pake clay mask biar bisa terangkat semua. Clay mask yang lagi hits banget itu merk Innisfree. Ada 2 produk clay mask dari Innisfree: 
  1. Super Jeju Volcanic Pore Clay
  2. Jeju Volcanic Pore Clay
Dua2nya punya fungsi yang berbeda. Super Jeju Volcanic paling banyak direkomendasiin orang2 karena dia ngerawat pori2 secara menyeluruh dibandingkan dengan Jeju Volcanic Pore Clay yang “cuma” bersihin kotoran dan minyak dari pori2. Gw sendiri pake yang nomor 2, karena udah cukup mengatasi problem di kulit gw.


Cara pakenya gampang: habis cuci muka, kita oleskan masker secara merata ke kulit wajah selama 15-20 menit. Lalu hapus masker yang sudah mengering dengan memakai handuk yang sudah direndam air hangat. So far sih gw merasa pori2 muka gw lebih mengecil dibanding dulu kek bulan lobangnya gede2. Entah perasaan gw doang apa ya? Soalnya ga ada yang bilang bahwa ini bisa mengecilkan pori2 sih. Pasca make clay mask gw biasanya langsung make pelembab agar kulit gw ga kering.

Gw make clay mask ini cuma 1x dalam seminggu, sesuai instruksi di kemasan. Emang sengaja ga mau pake sering2 biar minyak alami di kulit gw ga ilang. Harganya cukup mahal sih bagi gw, 100ml harganya 180rb. Tapi karna pakenya juga jarang, ini bisa sih sampe 6-8 bulanan. Oia Belinya bisa online atau dateng ke konter Innisfree di Senayan City.


Essence

Ini produk yang baru2 ini gw coba. Udah agak lebih advanced yeeee, dari yang cuma sheetmask dan Clay Mask sekarang udah ke Essence. Ciieeee cieeee. Hahahahaha. Essence ini fungsinya untuk hidrasi, memperbaiki sel kulit dan mengangkat sel2 mati. Bedanya Essence sama Serum? Sebenernya beda2 tipis sih alias sama aja. Biasa deh marketing, bikin produk serupa tapi tak sama. Klo dari review yang gw baca sih tekstur essence lebih ringan dari serum.

Merk yang gw pake itu Benton Snail Bee High Content Essence. Fungsinya banyak euy, semacam all in one untuk perawatan kulit. Keunggulannya antara lain memperbaiki kulit yang rusak, moisturizer dan mencerahkan wajah. 

sumber: dari web stylestory.com.au

Gw usahakan pake tiap hari, karena kadang2 suka lupa euy. Biasanya dipake sehabis cuci muka, di oles tipis2 aja di kulit muka secara merata. Si Benton ini cepet banget nyeresep di kulit dan ga berasa minyakan karena memang kandungannya oil free. Harganya klo ga salah 170rb. Efek yang terasa adalah kulit muka gw lebih sehat. 

Tips: Karna harga yang cukup mahal dan belum tentu cocok, sebaiknya klo bisa beli sample-nya aja dulu. Harganya 17rb di OL shop.

Nah baru segitu nih skin care Korea Routine gw. Belum hebring sih klo dibanding mbak2 yang lain. Segini aja udah ngasi perubahan yang signifikan di muka gw. Emak gw, sang kritikus sejati, udah happy liat muka gw yang sehat. Rencananya gw mau beli 2 jenis produk lagi, tunggu reviewnya yaa.

No comments:

Post a Comment