Monday, February 8, 2016

edisi menabung

Dengan semangat resolusi 2016 yang masih anget2 kuah bakso, saya mau sharing sekaligus cerita pengalaman menabung dari tahun ke tahun. 

Jadi ceritanya saya itu paling susah untuk menabung, serius, susah banget. Dibilang boros ngga juga kok, saya cenderung perhitungan malahan. Cumaaa kadang memang sekalinya kalap, ya kalap banget. Bisa banget dalam sebulan beli 3 buku import, atau baju atau sepatu atau tas tapi harganya meyen mihil. Yee sama ajee boros *ngeles* :p

Ga semua strategi menabung saya gagal total sih. Pernah berhasil, tapi jeleknya itu saya ga konsisten. Jadi 2 bulan nabung, merasa puas, trus ga diterusin. Fufufufufu. Pernah juga baca2 tips finansial yang di internet dan tanya sana sini ke temen yang saya liat jago banget ngatur keuangannya. Dari hasil pembicaraan dan browsing sana-sini, ternyata menurut saya strategi nabung juga cocok2an. Lebih baik sesuai banget sama karakter kita, karna nabung itu ga enak, perlu determinasi. 

Diantara sekalian banyak strategi yang pernah saya jalanin, dibawah ini yang menurut saya cocok sama karakter saya:

Don't put all your eggs in one basket
Intinya: simpen duid jangan hanya di satu tempat. Setelah gajian, kita perlu alokasikan uang kita ke beberapa kantong. Idealnya adalah 70% untuk essentials (bayar tagihan, belanja bulanan dan zakat), 15% untuk nabung dan 15% untuk seneng2, dan sifatnya: once your cash is done, the party is over. Klo ga mau repot, bisa juga ikutan tabungan berencana, jadi minta bank tempat gaji kita ditransfer untuk misahin uang kita di tanggal tertentu. 

Arisan
Arisan ini merupakan financial wisdom jaman nenek moyang. Sekarang ini malah bisa dijadikan alasan untuk ngumpul2 sama temen kuliah/SMA/SMP/SD. Tapi ati2 klo imannya ga kuat, abis arisan di mall malah duidnya langsung abis buat belanja. Hehehehe. Biar hasilnya maksimal, lebih baik arisan itu dengan sesama temen kantor. Jadi pas dapet, bisa langsung disetor ke tabungan.

Piggy Bank
Alias nabung di celengan. Old school banget ga sih? Eh tapi it works lho klo berkonsep. Ini yang sekarang lagi saya jalanin. Jadi saya nabung berdasarkan tanggal, misalnya: hari ini tanggal 1, jadi saya nabung 1000. Besok tanggal 2, saya nabung 2000, begitu seterusnya sampe akhir bulan. Nah, tiap bulannya kita bisa dapet 496rb (ya genepin 4000 bisa jadi 500rb), lumayan kan? Dan rasanya menyenangkan karna tiap hari nyetor sekaligus ngelatih otak untuk inget tanggal. Selepas tanggal 15 ini yang udah agak2 berat, karna nabungnya jadi makin banyak, tapi justru disitu tantangannya. Oia biar semangat, saya pake wadah transparan, biar keliatan tumpukan2 uangnya. Klo udah akhir bulan, biasanya saya setor ke rekening tabungan saya. Oia nabung sesuai tanggal ini di luar dari nabung 15% dari gaji. 



So far ini sih strategi nabung saya yang dianggep berhasil. Hehehehe. Klo kalian gimana? Share dong pengalaman nabung kalian :)

No comments:

Post a Comment