Sunday, January 14, 2018

Singapore Tourist Pass (STP)

Salah satu kenikmatan yang hqq klo ngetrip ke Singapore adalah naik transportasi publik. Wagelaaa sih klo bagi turis, naik transportasi publik di Singapore bikin kemana2 jadi serba gampang.

Semuanya serba terintegrasi, tepat waktu, bersih, aman, dan teratur. Rute bis juga jelas, halte banyak, armada bisnya juga banyak, dan pasti ada stasiun MRT terdekat di setiap tempat wisata. CINGCAI lah klo baru pertama kali ke Singapore, bingungnya ga pake lama karena semua serba jelas dan mudah dipahami. Saking gampangnya, ga perlu nanya orang lah. 

Nah klo ke Singapore gw selalu pake Singapore Tourist Pass (STP) karena lebih praktis dibandingkan kita pake tiket harian. Pake STP tinggal tap aja di gate MRT atau di mesin tap yang ada di pintu masuk/keluar bis. Sedangkan tiket harian ribet, tiap perjalanan pulang-pergi mesti beli dulu ke vending machine yang agak buang2 waktu sih. Oia selain lebih praktis, STP jatohnya lebih murah di banding tiket harian.


STP ini bisa dipakai untuk naik MRT dan Bis kemana aja kecuali jurusan Sentosa express, RWS8 (shuttle bus dari Harbor Front ke Sentosa), Fast Forward (bis ekspress yang cuma berhenti di stasiun terbatas), Night Rider dan Nite Owl Buses (semacam bis yang khusus beroperasi after midnight). #timSTP lah gw pokoknya.

Ada 3 tipe kartu STP. Kita bisa milih sesuai jangka waktu pemakaian. 


TIPE
HARGA
DEPOSIT
(bisa dikembalikan)
TOTAL
1 Hari
$10

$10
$ 20
2 Hari
$16
$ 26
3 Hari
$20
$ 30

Lokasi pembelian STP terdapat di loket2 TransitLink Ticket Offices, salah satunya di Changi Airport, Orchard, China Town, dll. List lengkapnya bisa dilihat disini. Ketika kita beli STP, kita ke tambahan biaya deposit sebesar $10. Tenang, depositnya bisa dibalikin kok, maksimal H+5 setelah pertama kali tap. Jangan sampe kelupaan balikin ya, karna klo ngga, uang depositnya bisa GONE, BABY GONE!

Lokasi pengembalian sama kek lokasi kita beli, yaitu di TransitLink Ticket Offices dan bisa juga di SMRT Passenger Service Center di Changi Airport, Kranji, Lavender, Dhoby Ghaut dan Marina South Pier MRT Stations. Harap perhatikan jam beroperasinya loketnya yaa. Karena tiap loket beda2 jam buka dan tutupnya. Ada yang buka baru jam 12 siang dan tutup jam 03.45 PM. Paling aman cari loket yang tutup paling malem (jam 9).

Fun Facts:

2 comments:

  1. makasih infonya mba ratri...membantu sekali👍👍..saya rencana mau liburan ke singapore bln september 2018 bareng keluarga😊

    ReplyDelete
  2. waaah senangnya! Have fun yaa..

    ReplyDelete