Thursday, January 30, 2014

Trip to Canberra Day 2: Bungendore dan Braidwood

Bungendore 
Kunjungan pertama kami ke Bungendore, kota ini terletak 40 km dari Canberra atau kira2 30 menit perjalanan. Bungendore merupakan salah satu kota bersejarah karena merupakan kota tempat pertama kali dibangunnya kantor post di negara bagian New South Wales NSW. Selain itu rel kereta api tertua juga terdapat di kota berpenduduk 3000 orang ini.  Beberapa tempat wisata yang saya kunjungi antara lain:

Bungendore Wood Works Gallery
Tempat ini merupakan galery yang mendisplay interior dari kayu. Harganya mahal2 karena memang semua barang2nya dibuat handmade dari kayu yang berkualitas. Salah satu barang yang paling terkenal yang di display di toko ini adalah: The Hannah Cabinet

photo source: google
Kabinet ini dibuat oleh Geoff Hannah. Dibutuhkan waktu 6 tahun untuk membuat kabinet ini dengan menggunakan 34 jenis kayu berbeda, 4 jenis karang, 17 jenis bebatuan dan lapisan emas 23 karat.  Harganya??? 1.000.000 dollar AUS *eaaaaakkkkk, klo pun didiskon abis2an juga ga bakal kebeliii..hahahahahahah...

Body n Soap Australia
Toko ini lengkap menjual segalaaaaa hal yang berbauuu sabun. Aromanya juga macem2 dan diperuntukkan untuk berbagai jenis kulit. Jadi enak tinggal pilih mau wangi apa. Sabun yang dijual kebanyakan sabun batangan, oia jangan kaget klo potongannya ga rapih karna memang di potongnya pake tangan. Ada beberapa sabun yang terbuat dari susu domba, jadiiii kandungan moisturizernya tinggi.

photo source: google



Bungendore Bon Bons
Bagi penggemar permen, perlu dicoba permen homemade dari Bungendore ini. Rasanya macem2 dan bentuknya lucu2. Di toko permen ini juga dijual es krim dan ada tempat duduk khusus buat ngopi2.


Bungendore Village Leather
Begitu masuk toko ini, udah langsung kecium aroma kulit! Yep, toko ini menjual apapun yang serba kekulit2an *halah*, dari mulai dompet2an, tas, jaket, iket pinggang wis pokoke SEMUAAA serba kulit. Harganya? Lumayan mehong, tapi kualitas kulitnya top banget. 



Mingei store house 
Dari semua toko2 yang ada di Bungendore, ada 1 toko yang beda sendiri. Mingei Store menjual aneka barang kerajinan dari Jepang. Barang2 yang dijual semua handmade dan dibuat dengan menggunakan warna alami dari buah indigo. Saya kagum dengan proses gimana buah indigo yang berwarna kuning bisa berubah menjadi biru ketika tercampur dengan oksigen. 




Braidwood
Braidwood merupakan kota tua yang berada di Southern Tablelands, New South Wales. Letaknya kira2 88 km dari Canberra. Sayangnya tidak ada bis yang menuju ke Braidwood, jadi memang harus rental mobil dari Canberra. Waktu tempuh dari Canberra – Braidwood kira2 1.5 jam.

Nama Braidwood berasal dari nama penemu kota ini, yaitu Thomas Braidwood Wilson. Pada awalnya lahan kota ini diperuntukkan untuk peternakan sapi dan domba. Namun ketika emas ditemukan di wilayah ini, kota ini berubah seketika menjadi kota tambang.


Kota ini kemudian dikukuhkan menjadi kota bersejarah oleh Pemerintah Australia. Arsitektur bangunan tua tetap dipertahankan sehingga menarik untuk di explore. Sepenglihatan saya, hampir tidak ada gedung bertingkat di kota braidwood. Minimal bertingkat 2, sehingga kota ini terkesan lengang.

Tidak banyak objek wisata yang ditawarkan dari kota berpenduduk 1.100 orang ini. Namun, ada beberapa yang menarik untuk dikunjungi.

Dojo Bread
Saya bukan penggemar roti, semua roti rasanya sama menurut saya. Tapiiiiii pendapat saya berubah ketika nyicip Dojo Bread. Endesssss bangetttt! Serius deh! Bagian roti terasa keras, tapi dalemnya lembut. Rotinya juga gurih, tapi gurihnya alami banget. Dojo bread ini terkenal seantero Canberra. Bahan2 yang dipake untuk bikin roti merupakan bahan berkualitas. Tapi menurut saya yang mbikin rotinya endesss adalaahhh teknik bikin adonan dan cara manggangnya. 

photo source: google

The Boiled Lolly
Satu lagi toko permen yang wajib dikunjungin. Toko ini menggiurkan banget! Asli, permen yang dijual lebih banyak daripada yang di Bungendore. Disini juga dijual es krim dan bisa ngopi juga. Bakalan ngiler deh liat toples2 yang isinya permen.


Dora wants some ice cream

'String' 
Toko ini menjual barang2 dekorasi unik dan antik yang terbuat dari benang. Keunggulannya semua barang dibuat handmade. 


Sekian akhir perjalanan saya di Braidwood dan Bungendore. Menurut saya kedua kota ini sangat unik, selain menawarkan suasana vintage, rata2 toko2 ini mengusung tema "handmade" atas barang2 yang dijual. Dan memang terlihat dari kualitasnya.  

No comments:

Post a Comment