Friday, August 3, 2012

Just because people do bad things, doesn't mean their bad people

photo source: google

Mungkin masih pada inget salah satu adegan template sinetron Indonesia yang umum dipake, ketika si antagonis lagi ngomongin jelek si protagonis dan secara ga sengaja kedengeran sama si protagonisnya. Biasanya abis itu si protagonisnya langsung cedih cekalih dan langsung nangis di WC atau di pojokan perpustakaan. adegan selanjutnya datanglah si gebetan sejuta umat yang mergokin protagonis nangis trus nanya: "kamu kenapa? kok nangis?" sambil nyodorin sapu tangan #eeaaaaa

Biasanya klo gw ngeliat adegan itu langsung: *hooeekkkss, jijaaayy*. lah mana kepikiran ya klo bakal ngalamin hal yang sama, tentunya tanpa ada adegan dikasi saputangan gebetan sejuta umat dan nangis di WC. Oia dan perlu diinget, gw protagonisnya yaaa hahahaha *dibahas*

Ceritanya gini, gw secara ga sengaja membaca opini temen kantor gw, dan itu kalimat bernada negatif. Kaget? Jelas, karena meskipun akhir-akhir ini hubungan kita selalu ditempa riak-riak kecil -yang menurut gw lumrah-, gw tetep kaget sama kata yang dia pilih untuk mendeskripsikan gw. *tertohokkk*

Reaksi gw pas baca? Jujur, gw ketawa ngakak, sampe pas ketawanya berhenti, gw terdiam sih, sambil menganalisis situasi yang melatarbelakangi ini semua. Gw pun mengambil kesimpulan: "yak ini cuma miskom alias miss komunikesyong. Let's move on, no hurt feeling, alll izz welll".

Just because people do bad things, doesn't mean their bad people

Saat itu gw bisa aja marah dan mempertanyakan statement dia. Tapi trus gw berpikir, ngapain? mereka nyakitin gw, oke, tapi bukan berarti mereka gw cap penjahat kelas kakap kan ya? hehehe. Ketika emosi meledak, biasanya kita hilang kontrol. Itu lumrah sebagai manusia biasa, Gw pun pernah lepas kendali dan kemudian menyesal atas apa yang gw ucapkan. Tentunya kemudian gw meminta maaf. 

Gw yakin apa yang diucapkan temen gw cuma emosi sesaat dan gw yakin dia juga nyesel, atau anggaplah mereka menyesal. Gw juga memilih untuk tidak bereaksi berlebihan. untuk apa bete? Yang ada malah memperkeruh suasana, buang-buang energi, apalagi kita berada di satu kantor, yang mana satu kantor isinya cuma 50 orang, yang ada bakal ketemu terus, rugi klo bete-an, nyiptain suasana yang ga sehat nantinya. 

Gw lebih melihat kedepan. Memilih diam, bukan karena gw cemen, tetapi berbesar hati memaafkan, mereduksi konflik. Toh biar gimana pun gw pernah melihat sisi terbaik teman gw ini, dan itu yang gw pegang dan gw inget.

Sisi lain yang bisa gw pelajarin adalah, lo ga bisa membuat semua orang suka sama lo. pasti ada aja yang ga nyaman sama kita, entah itu dari omongan atau sikap kita. Klo pas kebetulan ada yang ga suka, yo wiss biarin aja, toh sebenernya itu bisa jadi cermin juga sih. Mungkin ada beberapa yang mesti kita benahin, anggap aja sebagai pengingat.

klo kata Marischka Prudence: "Manusia tanpa emosi itu hampa, individu tanpa kesalahan itu surreal". =)

No comments:

Post a Comment