Sunday, August 5, 2012

office politics

Masih soal soal dunia perkantoran, hehehe, ini temanya banyak ngasi inspirasi untuk nulis, soalnya lagi happening banget di kantor. *tarakdungces*

photo source: google

Pernah denger office politics? Klo kata Wikipedia: "office politics is the use of one's individual or assigned power within an employing organization for the purpose of obtaining advantages beyond one's legitimate authority. Those advantages may include access to tangible assets, or intangible benefits such as status or pseudo-authority that influences the behavior of others. Both individuals and groups may engage in Office Politics.". Office politics has also been described as "simply how power gets worked out on a practical, day-to-day basis.

Terjemahannya kira-kira: “kegiatan yang dilakukan untuk membuat suasana kerja di kantor menghasilkan keuntungan terbaik untuk golongan tertentu ataupun pribadi, entah dengan jalan yang merugikan orang lain maupun tidak. Pekerja yang melakukannya dapat menggunakan cara-cara untuk memanipulasi kelompok tertentu agar idenya mendapat dukungan.”

Contoh simplenya: Ada sekelompok orang di kantor dan pengaruh mereka kuat banget. Misalnya dalam hal memutuskan kebijakan kantor “sesuai” sama kebutuhan mereka. Jika ada project tertentu, mereka udah langsung merapatkan barisan, langsung menetapkan anggota tim dari kalangan mereka sendiri. Contoh lainnya, biasanya keliatan pas lagi meeting, pendapat mereka dominan dan akhirnya hasil rapat di selalu menguntungkan kubu mereka ini.

Parahnya kalau sampe ada beberapa kubu yang saling bersaing satu sama lain, korbannya tentu saja yang ga tergabung dalam blok tertentu, dan yang paling kena imbas adalah nasib para junior yang baru masuk. Kasus paling parah klo kelompok ini sudah melibatkan petinggi di kantor, keputusan sudah pasti berat sebelah dan menguntungkan satu pihak.

Office politics juga bisa berimbas sama bullying, karena biasanya klo sekelompok ini udah ga suka sama satu orang, nah biasanya mainnya keroyokan nih. Jatohnya memang jadinya subjektif banget, satu sebel, smuanya ngikuuuttt sebel.

Oh jadi klo ada geng2an di kantor itu maksudnya office politics ya? Engga jugaaa, klo ada geng yang terbentuk berdasarkan kesamaan minat, misalnya sama2 roker (rombongan kereta), geng ibu2 menyusui, geng para ngerokok, geng Mahmud alias mamah2 muda, itu bukan office politics. Yang disebut office politics klo kelompok2 ini udah punya “pengaruh” untuk menyetir sesuatu, saling nyinyir atau udah main jatoh2an/tikung2an, pembunuhan karakter dll.

Wah di kantor gw ada nih yang begini. cara ngindarinnya gimana dong? Netral atau tidak memihak golongan manapun. Ramah sama semua orang itu penting, tapi juga harus tegas untuk tidak memihak. Cocok2an itu biasa sih, lumrah klo kita udah nyaman sama beberapa orang, jadinya maunya sama itu2 aja. Tapi bergaul sama yang lain ga ada salahnya toh? Sebisa mungkin jangan terpaku sama satu kelompok. 

Tetap professional. Klo udah ngadepin office politics yang udah mulai dominan, jangan memperlihatkan emosi di tengah perbedaan pendapat dan konflik. Fokus sama isu-nya, jangan sama orangnya. Iya tau sih dalam hati empet banget nih sama grup ini klo udah mulai “rese”, tanggepin harus pake kepala dingin, soalnya makin kita ngotot nah mereka makin defense (karena berasa di serang). Dalam soal jumlah udah pasti kita kalah, jadi mesti counter attacknya agak elekhan (baca: elegan) gitu.

Gw udah kena nih sama mereka, udah mulai digosipin nih gw. Santay aja bray, ga usah klarifikasi segala klo digosipin. Itu tandanya mereka lagi insekyurr. Jangan kepengaruh dan berasa panik sendiri apalagi merasa cedih cekalih karena dizolimi trus galau dan pasang status di FB. Dibaca semua orang dan makin runyam jadinya. Just concentrate on your job and let your work and actions do the talking. Inget kita mesti elekhan, klo lagi dapet kerjaan yang melibatkan mereka, usahakan terdokumentasi dengan baik, via email atau nyatet pas lagi meeting. Klo hal pekerjaan memang ruang lingkupnya besar, misalnya udah menyangkut uang, emailnya cc-in email ke bagian keuangan atau atasan. Jadi jangan modal: “katanya-katanya”, wah salah2 bisa diserang karena ga ada buktinya.

Duh gw udah empet banget nihhh, disalahin muluk, gw ramah malah di-bully, eh gw less involved malah digosipin. Coba itung total orang di kantor ada berapa? Tinggal dikurangin grup mereka, nah sisanya kan banyak tuh. Itu aja yang dikonsentrasiin, jangan biarkan mereka ngerusak mood lo. Dimana2 orang nyebelin pasti ada, ga di kantor sendiri maupun kantor lain. Emang udah hukum rimbanya begono, dibikin asik aja. Cape2in energy lo klo mesti dilawan.

Apa gw resign aja ya? Coba dipikir lagi deh, kecuali office politics udah tingkat parah dimana lo dimutasi karena hal yang ga jelas, atau dibunuh karakternya, ditikam dari belakang, nah boleh dipikirin untuk cari alternative lain. Office politics itu ga perlu dilawan kok, dihindarin aja. Klo udah kepalang basah kena jeratannya nah baca2 lagi tips2 diatas plus doa deh buuu, paakk. Eaaa. Eh serius loh, at least biar hati kita adem aja jangan kebawa emosi. Biar gimana curhat paling enak itu ya sama Tuhan, ga mungkin ada yang adu domba, ga ada salah paham dan pastinya biar dibantu.

Selamaaattt bekerrjaaaa, inget noh tagihan2 yang mesti dibayar! Eaaa..cemunguudhh eaaa kaaak =)

No comments:

Post a Comment